Logo Network
Network

Raup Rezeki dari Rumput Laut Kering, Kisah Samo Lansia asal Pandeglang

Ila Nurlaila Sari
.
Rabu, 22 Maret 2023 | 10:15 WIB
Raup Rezeki dari Rumput Laut Kering, Kisah Samo Lansia asal Pandeglang
Samo, Lansia asal Pandeglang yang Berhasil Raup Rezeki dari Rumput Laut Kering. Foto: iNewsCilegon.id/Ila Nurlaila Sari

PANDEGLANG, iNewsCilegon.id - Samo (60), Warga Kampung Laba, Desa Cigondang, Kecamatan Labuan, Kabupaten Pandeglang, Banten, diusianya yang tak lagi muda berhasil memanfaatkan salah satu kekayaan laut menjadi peluang usaha, yakni rumput laut untuk menopang hidupnya dan keluarga.

Diketahui, rumput laut memiliki banyak manfaat, mulai dari kesehatan hingga untuk kecantikan. 

Samo mengatakan, dirinya sudah sejak lama menjalankan usaha jual rumput laut. Sebelumnya, Samo berprofesi sebagai nelayan dan juga usaha rebus ikan. 

"Sudah 10 tahun lebih saya usaha kayak gini, dulu nelayan sempet usaha rebus ikan juga (Pindang ikan)," ujarnya. Rabu (22/3/2023).

Ia menuturkan, awal mula menjalankan usaha rumput laut ini ketika ada seseorang yang mencari dan menanyakan ketersediaan rumput laut.

"Ada yang nyari dari tangerang, akhirnya saya beralih usaha dari melaut ke usaha budi daya rumput laut ini," kata Samo.

Kata Samo, pada awal menjalankan usaha ini harga rumput laut sangatlah minim hanya Rp500 per kilo, sekarang agak lumayan Rp2000 per kilo kondisi kering.

"Sekarang mah mendingan Rp2000 sekilo nya dibandingkan dulu waktu awal-awal hanya Rp500 perak itu kondisi kering, cukup lama prosesnya kalau kondisi cuaca lagi bagus paling dua harian kering, kalau lagi musim hujan agak kewalahan juga," jelasnya.

Biasanya, masih kata Samo, untuk rumput laut kering biasanya dikumpulkan di pengepul yang kemudian diambil oleh suplayer dari Tangerang dan Jakarta.

"Biasanya untuk untuk rumput laut kering dikumpulkan di pak RT, nanti orang yang dari tangerang atau jakarta ngambil tiap bulan untuk kemudian diekspor untuk.bahan baku kecantikan,"pungkasnya.

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Cilegon di Google News

Bagikan Artikel Ini