get app
inews
Aa Read Next : Jelang Ramadhan, Harga Daging Kerbau di Pasar Labuan Pandeglang Melonjak hingga Rp 140 Ribu per Kilo

6 Tips Tetap Fit dan Bugar saat Berpuasa

Kamis, 23 Maret 2023 | 09:55 WIB
header img
Tetap fit dan bugar saat berpuasa. Foto Ilustrasi: Istimewa

CILEGON, iNewsCilegon.id - Saat ini seluruh umat muslim tengah menunaikan ibadah puasa. Di hari pertama puasa biasanya tubuh akan terasa lemas dan malas. 

Berpuasa adalah salah satu kegiatan ibadah dengan menahan diri untuk tidak minum dan makan. Terkadang, hal itu membuat badan kita menjadi mudah lemas karena tidak adanya asupan makanan dan minuman yang masuk kedalam perut selama adzan subuh hingga adzan magrib.

Oleh karenanya, penting untuk menjaga kesehatan dengan memperhatikan asupan makanan dan juga minuman untuk menjaga agar tubuh tetap fit dan bugar.

Tips Agar Tetap Bugar Saat Berpuasa

Lalu apa saja yang harus dilakukan agar tubuh tetap fit dan bugar meski tengah berpuasa? Yul simak ulasannya.

1. Makan secukupnya

Saat waktu berbuka puasa telah tiba, kita cenderung akan ingin menyantap banyak sekali makanan yang ada atau biasa disebut dengan "kalap".

Hal itu perlu kamu hindari, makanlah yang cukup agar tidak membuat perut begah atau kekenyangan dan juga kembung.

2. Hindari Makanan Manis dan Berminyak secara Berlebihan

Makanan dan minuman manis serta berminyak tidak baik jika dikonsumsi berlebihan saat sahur atau berbuka puasa. Sebagai gantinya kamu bisa konsumsi makanan dan minuman lain yang lebih sehat dan mengandung protein.

3. Menjaga Asupan Cairan

Melansir kemkes.go.id kebutuhan cairan tubuh untuk setiap orang berbeda-beda. Untuk orang dewasa disarankan untuk mengonsumsi air putih sebanyak delapan gelas atau setara dengan 2 liter perhari.

4. Tidur yang Cukup

Kurangnya waktu tidur dapat menyebabkan badan kita mudah lesu dan mengantuk. Kegiatan sahur yang mengharuskan untuk bangun lebih awal membuat waktu tidur kita jadi berkurang, maka dari itu disarankan untuk tidak begadang dan tetap menjaga pola tidur yang cukup agar tetap bugar.

5. Sahur

Dengan tidak melewatkan sahur adalah salah satu cara yang pertama kali bisa kamu lakukan. Jika tidak sahur tubuh akan lebih cepat untuk lelah karena tidak ada asupan sebelum menjalankan puasa. 

Saat sahur juga penting untuk diperhatikan jenis makanan yang dikonsumsi disarankan makanan berkarbohidrat dan mengandung protein serta serat.

6. Olahraga

Walaupun berpuasa, olahraga tetap bisa dilakukan seperti halnya memilih jenis olahraga yang tidak terlalu berat seperti yoga, jalan kaki atau melakukan kegiatan atau aktivitas yang lainnya untuk memproduksi keringat.

Editor : Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut