get app
inews
Aa
Read Next : OPD Pemkot Cilegon Bagikan Ribuan Nasi Kotak

5 Ciri Kurma tak Layak Konsumsi yang Patut Diketahui

Sabtu, 25 Maret 2023 | 12:05 WIB
header img
Buah Kurma. Foto Ilustrasi: Istimewa

CILEGON, iNewsCilegon.id - Buah kurma Setiap bulan puasa menjadi salah satu hidangan menu berbuka yang difavoritkan oleh kaum muslim yang menjalankannya.

Mengonsumsi buah berwarna coklat kehitaman dengan biji yang sangat keras ini sebagai menu berbuka dikarenakan memiliki banyak manfaat.

Namun jangan sembarangan membeli kurma ya lur. Cek dulu apakah kualitas kurma yang akan kamu beli kondisinya masih baik untuk dikonsumsi atau sudah kedaluwarsa.

Nah, iNewsCilegon.id kali ini, akan memberikan tips ciri-ciri kurma yang sudah tidak layak dikonsumsi lagi dan sebaiknya jangan dibeli.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut ciri-ciri kurma yang tak layak dibeli dan dikonsumsi.

Perubahan rasa

Sebagian besar kurma yang busuk memang tidak tampak terlalu jelas. Oleh karena itu, Kamu tidak boleh hanya mengandalkan penampilan untuk mengetahui apakah kurma tersebut sudah busuk atau belum.

Kamu juga perlu mengetahui apakah ada perubahan rasa. Ketika masih segar, kurma memiliki rasa yang sangat manis yang bervariasi mulai dari rasa seperti karamel hingga rasa manis yang cukup tajam. 

Akan tetapi, jika kurma sudah terasa pahit atau asam, maka itu artinya kurma tersebut sudah busuk.

Perubahan aroma

Kurma yang masih segar memiliki aroma yang netral dan lembut. Namun, jika kurma sudah busuk, baunya akan menjadi sangat menyengat dan tidak enak. 

Kurma juga akan berbau alkohol karena terjadi fermentasi kandungan gulanya yang tinggi.

Berlendir

Secara alami, buah kurma memang lengket. Akan tetapi, jika sudah membusuk atau berkualitas buruk maka kurma akan menjadi berlendir. Jika hal itu terjadi maka itu artinya Kamu harus segera membuangnya.

Jamuran

Pembentukan jamur adalah salah satu tanda pembusukan kurma yang paling jelas. Namun, karena kurma memiliki kadar air yang sangat rendah, ciri-ciri ini tidak terlalu sering Kamu temukan.

Berubah warna

Kurma dapat membusuk dengan cara yang sama seperti buah-buah lainnya. Ciri-ciri pembusukannya juga cukup mudah dikenali yaitu mengalami perubahan warna. 

Tentu ada banyak varietas kurma yang berbeda dan semuanya memiliki warna yang unik. Akan tetapi, jika Kamu memperhatikan kurma akan berubah warna jauh lebih gelap daripada saat Anda pertama kali membelinya, itu artinya kurma sudah mulai membusuk.

Itulah beberapa tips mengecek kulitas kurma yang layak atau tidak layak konsumsi. Semoga bermanfaat!

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Cilegon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut