get app
inews
Aa
Read Next : Mau Rambut Tebal dan Sehat? Konsumsi Buah ini

Buah Ini Bikin Puasa Tak Lapar, ini Dia 5 Jenis Buah untuk Dikonsumsi saat Ramadan

Minggu, 26 Maret 2023 | 13:30 WIB
header img
5 jenis buah yang bikin kenyang selama Ramadan. Foto Ilustrasi: okezone

CILEGON, iNewsCilegon.id - Ada beberapa jenis buah yang tidak hanya menyehatkan tubuh namun juga mengenyangkan perut yang tentunya cocok untuk dikonsumsi saat Ramadan.

Dilansir iNewsCilegon.id dari Eating Well, ini 5 buah yang bisa bikin kenyang seharian saat berpuasa di bulan Ramadan. Apa saja? Yuk simak!

1. Kurma

Buah khas Timur Tengah ini dikemas dengan berbagai nutrisi penting seperti protein dan serat yang memberi efek mengenyangkan dalam waktu lama.

Konsumsi buah yang tinggi kalium ini juga dikaitkan dengan peningkatan kesehatan jantung, saraf juga kinerja otot secara keseluruhan. 

Selain lezat untuk dijadikan takjil saat berbuka, kurma juga tidak kalah bermanfaat bila dikonsumsi di waktu sahur.

2. Alpukat

Rutin mengonsumsi buah alpukat di setiap minggunya juga dikaitkan dengan risiko penyakit jantung yang lebih rendah, menurut penelitian dalam Journal of American Heart Association.

Diperkaya serat dan lemak sehat, alpukat menyumbang hampir 1/4 dari kebutuhan harian yang membuat kamu kenyang selama berjam-jam. 

Baik dikonsumsi langsung atau dipadukan dengan roti, buah alpukat sangat direkomendasikan dikonsumsi saat sahur.

3. Pisang

Pisang merupakan sumber karbohidrat yang menjadi bahan bakar utama tubuh untuk beraktivitas. 

Buah manis ini juga mengandung prebiotik yang membantu menjaga kesehatan pencernaan sehingga terbebas dari keluhan utama saat puasa yakni sembelit. 

Sering kekurangan asupan saat sahur karena tidak terbiasa makan banyak di waktu pagi? Jangan khawatir, kamu masih bisa mengisi energi harian dengan buah pisang. 

4. Buah Apel

Manfaat lain buah apel salah satunya bisa menjaga kesehatan mulut. Pasalnya, buah ini mengandung katekin yang dapat menghambat pembentukan plak dan bakteri pada permukaan gigi. Ketika bakteri terbasmi dengan baik, napas akan tetap segar saat berpuasa. 

Selain itu, tingginya kandungan serat dan air dalam buah apel dapat memberikan efek kenyang yang awet di perut. Hal ini didukung oleh penelitian pada The Journal of Nutrition yang  menemukan bahwa konsumsi satu apel bisa menekan rasa lapar hingga empat jam lebih lama

5. Buah Pir

Kandungan vitamin C dalam buah pir juga diketahui dapat meningkatkan sistem metabolisme sehingga kesehatan tubuh secara keseluruhan pun terjaga selama berpuasa. 

Meskipun rendah gula dan kalori, pir menjadi salah satu buah yang dapat mengganjal perut dari rasa lapar. Hal ini dikarenakan air dan serat di dalamnya membantu memperlambat pelepasan makanan sehingga tubuh merasa kenyang lebih lama. 

Itulah 5 jenis buah yang dijamin bikin kamu kenyang seharian meski berpuasa. Semoga bermanfaat!

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Cilegon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut