get app
inews
Aa
Read Next : Layani Pemudik, Dinkes Cilegon Siagakan 6 Posko Kesehatan

Kalap Makan Daging saat Lebaran, Jangan Khawatir Netralkan dengan 3 Buah Ini

Minggu, 23 April 2023 | 15:19 WIB
header img
Kalap makan daging saat lebaran, cukup kunyah 3 potong buah (Foto: Istimewa)

CILEGON, iNewsCilegon.id - Hari Raya Idul Fitri atau lebaran identik dengan banyak olahan daging. Tak ayal banyak orang kalap memakan daging secara berlebihan.

Namun tak sedikit juga yang memilih menghindari olahan lezat ini. Pasalnya banyak yang khawatir jika mengonsumsi daging berlebih bisa meningkatkan kolesterol jahat dalam tubuh.

Seperti diketahui, kadar kolesterol yang terlalu tinggi terbukti dapat meningkatkan risiko penyakit jantung, stroke hingga diabetes.

Jika kolesterol terasa naik, jangan langsung menelan obat penurun kolesterol. Coba lah mengunyah beberapa potong buah-buahan ini.

1. Buah Pir

Jenis serat yang terdapat dalam pir adalah pektin, yang dapat mengikat kolesterol dan mengangkutnya keluar dari tubuh sehingga kadar kolesterol jahat atau LDL dalam tubuh bisa menurun.

Pir termasuk buah yang tinggi serat alami. Satu buah pir ukuran sedang dapat mencukupi 16 persen kebutuhan serat harian.

2. Buah Pepaya

Kolestrol bisa menempel pada pembuluh darah jika terjadi oksidasi hingga akhirnya berkumpul membentuk plak dan menutupi pembuluh darah.

Vitamin E dan C pada pepaya akan menyatu dengan enzim yang disebut paraxonase yang dapat menghambat terjadinya oksidasi kolesterol di dalam pembuluh darah.

Pepaya merupakan buah penurun kolesterol HDL yang juga tinggi antioksidan, seperti likopen, vitamin C, dan vitamin E jadi cukup ampuh untuk mengatasi kolesterol usai mengkonsumsi daging berlebih saat lebaran.

Itulah jenis buah-buahan yang ampuh turunkan kolesterol usai konsumsi daging saat hari raya. Semoga bermanfaat!

3. Buah Apel

Apel mengandung vitamin dan antioksidan polifenol yang membantu mengurangi peradangan. Serat dalam buah apel juga memberi rasa kenyang lebih lama sehingga membantu kita mengontrol nafsu makan.

Apel, terutama kulitnya, mengandung pektin alias serat larut air yang ampuh menurunkan kolesterol. Pektin bekerja menyerap kolesterol dan lemak jahat di dalam usus halus untuk dibawa keluar tubuh lewat urine dan feses.

Itulah beberapa jenis buah-buahan yang ampuh atasi kolesterol akibat konsumsi daging berlebih saat lebaran. Semoga bermanfaat!

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Cilegon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut