get app
inews
Aa Read Next : Mudik Gratis Pemkot Cilegon Siap Angkut 2.160 Pemudik

8 Perubahan Gaya Hidup Sehat untuk Cegah Kolesterol Tinggi

Kamis, 29 Juni 2023 | 11:24 WIB
header img
Mengonsumsi makanan yang mengandung asam lemak omega-3 dan serat bisa menurunkan kolesterol tinggi. Foto: Istimewa

CILEGON, iNewsCilegon.id - Tentu saja kunci terpenting untuk menurunkan kolesterol tinggi terletak pada pengaturan pola makan dan gaya hidup yang sehat.

Kolesterol merupakan lemak alami yang diproduksi oleh tubuh. Kolesterol juga bisa berasal dari makanan hewani. Daging merah, termasuk diantaranya daging kambing, serta sajian yang mengandung santan mengandung kolesterol tinggi.

Kolesterol sendiri mempunyai dua jenis, yakni kolesterol jahat atau Low Density Lipoprotein (LDL) Cholesterol dan kolesterol baik alias High Density Lipoprotein (HDL) cholesterol.

Seseorang memiliki kolesterol jahat yang lebih tinggi akan menyebabkan penimbunan lemak yang terbentuk di dinding arteri. Lama-kelamaan akan membuat arteri menyempit dan mengeras.

Kondisi tersebut adalah aterosklerosis. Setelahnya, aterosklerosis akan menghambat aliran darah menuju bagian otot jantung hingga terjadilah penyakit jantung koroner.

Jika kolesterol tinggi menumpuk di arteri dan menumpuk di pembuluh darah ke otak akan menyebabkan stroke. Dengan menjalani gaya hidup sehat, Anda dapat membantu menjaga kolesterol Anda dalam kisaran yang sehat dan menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke.

Lantas, bagaimana cara menurunkan kolesterol? Yukk, simak dibawah ini yaa. 

1. Konsumsi Makanan yang Sehat

Selain mengonsumsi obat penurun kolesterol, ada juga cara menurunkan kolesterol yang lebih alami, yaitu dengan meminum air rebusan. Dengan kata lain, tidak disarankan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung minyak nabati tinggi, seperti kue kering, biskuit, atau kue yang dibeli di toko.

Alangkah baiknya,  jika Anda mengonsumsi makanan yang mengandung asam lemak omega-3 dan serat, seperti salmon dan makarel, kacang-kacangan, oatmeal, apel, dan pir. Hal ini karena kandungan makanan tersebut tidak mempengaruhi lemak jahat tubuh dan mengurangi penyerapan kolesterol dalam darah.

2. Mengurangi Berat Badan

Penurunan kadar kolesterol tinggi secara alami dan bebas obat menyebabkan penurunan berat badan. Penurunan berat badan tidak selalu diperlukan jika Anda ingin menurunkan kolesterol tubuh. Namun berbeda bagi mereka yang kelebihan berat badan atau obesitas, karena menurunkan berat badan dapat menurunkan kadar kolesterol tinggi. 

Menurut Healthline, pola makan bisa sangat memengaruhi jumlah kolesterol dalam tubuh. Tidak perlu diet ketat, karena penurunan berat badan sekitar 5-10 persen sangat berpengaruh dalam menurunkan kolesterol. 

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Cilegon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut