get app
inews
Aa Read Next : Mudik Gratis Pemkot Cilegon Siap Angkut 2.160 Pemudik

8 Perubahan Gaya Hidup Sehat untuk Cegah Kolesterol Tinggi

Kamis, 29 Juni 2023 | 11:24 WIB
header img
Mengonsumsi makanan yang mengandung asam lemak omega-3 dan serat bisa menurunkan kolesterol tinggi. Foto: Istimewa

6. Olahraga Teratur 

Olahraga secara teratur bisa membantu menurunkan kadar kolesterol. Olahraga dapat meningkatkan kolesterol baik dan menurunkan trigliserida. American Heart Association merekomendasikan untuk melakukan setidaknya dua setengah jam aktivitas fisik seminggu. 

7. Konsumsi Makanan atau Minuman yang Mengandung Serat Larut

Untuk membantu menurunkan kadar kolesterol, Anda disarankan mengonsumsi makanan yang mengandung serat larut, misalnya alpukat, ubi jalar, brokoli, lobak, pir, wortel, apel, kacang merah, biji rami, dan gandum. Agar lebih praktis, Anda juga dapat mengonsumsi produk suplemen atau minuman yang mengandung serat larut beta glucan dan inulin. 

Beta glucan mampu menurunkan kadar kolesterol jahat dan kolesterol total dalam tubuh. Sedangkan inulin bermanfaat menurunkan kadar kolesterol total dan trigliserida dalam darah. Akan lebih baik lagi jika produk minuman tersebut mengandung vitamin B1 dan B2, yang mampu membantu pembakaran kolesterol dalam tubuh menjadi energi. 

8. Berhenti Merokok

Zat kimia pada rokok sangat buruk bagi tubuh karena dapat mengganggu perkembangan kolesterol baik, penyempitan dalam pembuluh darah, dan meningkatkan risiko penyakit paru-paru serta jantung. Maka dari itu, para dokter menganjurkan untuk setiap orang berhenti merokok.

Apabila kecanduan terhadap rokok berhenti, tekanan darah dan detak jantung kembali pulih sehingga sirkulasi darah menjadi lancar. Kemudian, fungsi paru-paru mulai membaik karena tidak lagi terkontaminasi dari racun.

Nah, itulah cara menurunkan kolesterol ini cukup sederhana, tetapi efektif bila dilakukan secara konsisten. Jika kamu belum mengetahui kadar kolesterol dalam tubuh, datangilah layanan kesehatan dan konsultasikan hasilnya dengan dokter terkait untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

Editor : Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut