get app
inews
Aa
Read Next : Pemkot Cilegon Raih WTP 10 Kali Berturut–turut dari BPK Banten

Jaga Iklim Investasi, Wakil Ketua DPRD Kota Cilegon Minta Semua Pihak Tak Bikin Gaduh

Selasa, 04 April 2023 | 16:42 WIB
header img
Wakil Ketua DPRD Kota Cilegon Hasbi Sidik (Foto: Istimewa)

CILEGON, iNewsCilegon.id - Wakil Ketua DPRD Kota Cilegon Hasbi Sidik angkat bicara terkait dinamika rencana investasi pembangunan Pelabuhan Warnasari. Hasbi mengajak semua pihak baik eksekutif, legislatif maupun masyarakat untuk menjaga iklim investasi yang tengah tumbuh di Kota Cilegon.

"Rencana pembangunan Pelabuhan Warnasari, melalui MoU antara Pemkot Cilegon dengan PT Krakatau Steel dan PT Chandra Asri Petrochemical salah satu langkah strategis yang perlu didukung. Tentu saja dukungan pembangunan pelabuhan itu untuk kesejahteraan masyarakat dan percepatan pemenuhan pelayanan publik," kata Hasbi, Selasa (4/4/2023).

Dengan upaya kerja sama Pemkot Cilegon dengan kedua industri tersebut, Hasbi Sidik menilai itu sebagai terobosan yang sah dan sesuai dengan Permendagri No. 118 Tahun 2018 tentang Rencana Bisnis, Rencana Kerja dan Anggaran, Kerja Sama, Pelaporan dan Evaluasi Badan Usaha Milik Daerah (BUMD).

"Tentu saja, kami sebagai Dewan harus mengawal rencana pembangunan pelabuhan ini sampai tuntas. Namun pada prinsipnya, saya melihat langkah ini perlu didukung oleh semua pihak. Apalagi pembangunan Pelabuhan Warnasari ini merupakan cita-cita lama yang sejak dulu sulit terwujud," ucapnya.

Dalam waktu dekat, Hasbi mengaku akan mengusulkan kepada Ketua DPRD Kota Cilegon untuk berkonsultasi ke Kemendagri perihal sejauh mana peran DPRD dalam menjalankan fungsi kontrol terhadap kerjasama BUMD, dalam hal ini PT Pelabuhan Cilegon Mandiri (PCM) sebagai perusahaan BUMD milik Pemkot Cilegon yang melaksanakan kerjasama.

“Saya mengajak kepada rekan-rekan anggota DPRD untuk bersama-sama mengawal proses kerja sama Pemkot Cilegon dengan calon investor ini. Tetapi jangan sampai membuat kegaduhan yang membuat investor jadi ragu untuk menanamkan modalnya," ujar politisi Partai Gerindra itu.

Menurutnya, menjaga iklim investasi itu sejalan dengan arahan pemerintah pusat. Terutama saat kunjungan Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia ke Cilegon Maret lalu.

"Investasi di Kota Cilegon ini tengah menjadi sorotan pemerintah pusat karena dianggap banyak gangguan dari pihak-pihak tertentu. Nah jangan sampai stigma ini mengganggu citra Kota Cilegon sebagai daerah tujuan investasi," ungkapnya.

Diketahui, Pemkot Cilegon menjalin MoU dengan PT Krakatau Steel (KS) dan PT Chandra Asri Petrochemical (CAP) terkait pembangunan Pelabuhan Warnasari. MoU digelar saat Musrenbang di The Royale Krakatau Hotel Cilegon, 21 Maret 2023.

Asda II Pemkot Cilegon Tb Dikrie Maulawardhana mengatakan, setelah MoU tersebut ketiga institusi membentuk tim gabungan untuk merumuskan langkah-langkah setelah digelarnya nota kesepahaman.

"Tugas tim gabungan antara lain merumuskan timeline sama menyusun pra-FS (feasibility study). Rapat-rapat tim sudah dilakukan agar pembangunan pelabuhan ini segera terwujud," jelasnya.

Editor : Mohamad Hidayat

Follow Berita iNews Cilegon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut