get app
inews
Aa Read Next : Ganjar hingga Sandi ucap Selamat atas Keberhasilan Putri Ariani, Begini Kata Warganet

Menteri Sandi Dorong para Pelaku Ekonomi Kreatif Kabupaten Subang Terus Berkembang dan Berkarya

Senin, 10 April 2023 | 16:33 WIB
header img
Kegiatan ini dihadiri langsung oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Baparekraf, Sandiaga Salahuddin Uno serta turut hadir mendampingi Bupati Subang, Ruhimat. Foto: Ist

SUBANG, iNewsCilegon.id - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, mendorong para pelaku ekonomi kreatif Kabupaten Subang agar dapat terus berkembang dan berkarya dalam upaya mendorong kebangkitan ekonomi dan menciptakan lapangan kerja yang lebih luas. 

Hal ini disampaikan dalam kegiatan Workshop Peningkatan Inovasi dan Kewirausahaan Kabupaten/Kota Kreatif (KaTa Kreatif) Indonesia di Kabupaten Subang yang merupakan lokasi ke-3 (tiga) dari rangkaian program Pengembangan Kabupaten/Kota Kreatif (KaTa Kreatif) Indonesia tahun 2023.

Kabupaten Subang memiliki potensi besar di sektor Ekonomi Kreatif yaitu pada subsektor Film, Animasi, dan Video; Fesyen; Fotografi; Kriya; serta Kuliner.

Potensi tersebut dapat dimanfaatkan sebagai peluang pengembangan usaha oleh pelaku ekraf. Dengan bekal kreativitas dan inovasi, pelaku ekonomi kreatif dapat memanfaatkan teknologi untuk menjangkau pasar yang lebih luas.

Workshop Peningkatan Inovasi dan Kewirausahaan KaTa Kreatif Indonesia Kabupaten Subang digelar di Aula Kantor Bupati Subang.

Adapun peserta yang dapat mengikuti kegiatan Workshop Peningkatan Inovasi dan Kewirausahaan KaTa Kreatif Indonesia adalah pelaku ekonomi kreatif yang berada di Kabupaten Subang dengan jumlah peserta sebanyak 200 (dua ratus) pelaku ekonomi kreatif subsektor Film, Animasi, dan Video; Fesyen; Fotografi; Kriya; serta Kuliner.

Kegiatan workshop ini merupakan salah satu upaya pemerintah untuk mendorong kebangkitan ekonomi kreatif dan memfasilitasi para pelaku ekonomi kreatif juga pelaku UMKM dalam mengeksplorasi serta mengembangkan ide-ide kreatif dan inovatif yang memiliki nilai tambah dan nilai jual yang tinggi.

Kemenparekraf/Baparekraf juga terus mendorong penguatan ekosistem ekonomi kreatif secara lebih komprehensif di Kabupaten Subang dengan mengikuti rangkaian kegiatan Penilai Mandiri Kabupaten/Kota Kreatif Indonesia (PMK3I) sehingga subsektor ekraf unggulan dapat terpetakan agar lebih fokus dan terarah dalam mewujudkan kemandirian ekonomi dengan menggerakkan sektor-sektor strategis ekonomi domestik.

Kegiatan ini dihadiri langsung oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Baparekraf, Sandiaga Salahuddin Uno serta turut hadir mendampingi Bupati Subang, Ruhimat.

Tidak hanya itu, Eddy Sukmana juga hadir sebagai narasumber untuk berbagi pengalaman, memberi materi pembelajaran terkait product development, pemasaran produk kreatif, serta tips dan trick food styling.

Dengan terlaksananya Workshop di Kabupaten Subang ini diharapkan para pelaku usaha Ekonomi Kreatif dapat meningkatkan kapasitas yang telah dimiliki sehingga dapat bersaing dan dapat menciptakan lapangan kerja yang lebih luas bagi sekitarnya, dan juga meningkatkan sinergi antar pemangku kepentingan dalam menghadapi tantangan terutama bagi Kementerian/Lembaga pusat dan daerah yang dapat direalisasikan dengan rencana aksi dengan tegas dan gerak cepat untuk dapat memenuhi kebutuhan masyarakat secara adil dan merata.

Editor : Novita Sari

Follow Berita iNews Cilegon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut