get app
inews
Aa Read Next : 2030 Umat Muslim Bakal Rayakan Idul Fitri dan Ramadhan 2 Kali, Begini Penjelasannya

6 Cara agar Ketupat Tak Cepat Basi, Salah Satunya Digantung

Selasa, 18 April 2023 | 13:44 WIB
header img
Tips agar ketupat tahan lama. Foto: Istimewa

4. Hangatkan Ketupat

Ketupat dapat dihangatkan dengan cara mengukusnya. Kukus selama sekitar 30 menit sebelum disajikan. Cara ini bisa membuat ketupat kembali lembut.

Ada baiknya setelah dikukus, ketupat langsung dihabiskan. Mengingat, ketupat yang sudah dikukus kembali tidak akan bertahan lama. Sebab itu, pastikan mengukus seperlunya saja. Selamat mencoba!

5. Simpan di Kulkas

Sama halnya dengan beberapa makanan, ketupat juga akan awet jika disimpan di dalam kulkas. Ketupat dapat ditempatkan dalam chiller atau freezer. Disarankan untuk menyimpannya dalam keadaan tertutup rapat.

Dengan cara ini, ketupat bisa tahan hingga beberapa hari. Namun perlu diingat, cara menyimpan ketupat ini bisa dilakukan setelah ketupat kering.

6. Gantung Ketupat

Cara menyimpan ketupat terbaik adalah dengan menggantungnya. Sebab, dengan digantung, air pada ketupat akan turun. Menggantung ketupat dan membiarkannya di suhu ruang bisa membuat ketupat tahan 2-3 hari lamanya.

Hindari menyimpan ketupat dengan cara ditumpuk di wadah. Karena hal ini membuat air pada ketupat mengendap sehingga jadi basah dan cepat basi.

Itulah tips agar ketupat enak dan tak cepat basi. Selamat mencoba!

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Cilegon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut