get app
inews
Aa Read Next : Memasak Daging Kurban dengan Kompor Induksi, Lebih Cepat Matang

Juru Sembelih Halal Banten Instruksikan Anggotanya Aktif Bantu Warga di Momen Idul Adha

Minggu, 16 Juni 2024 | 14:54 WIB
header img
Juleha Banten telah mengedukasi lebih dari 1.000 peserta untuk menjadi Juru Sembelih Halal di Banten pada 2024. Foto: Ist

CILEGON, iNews Cilegon.id - Juru Sembuh Halal (Juleha) Banten menginstruksikan seluruh anggotanya untuk aktif membantu warga di momen Idul Adha dengan mempraktikkan ketrampilan menyembelih hewan kurban. 

Instruksi disampaikan Ketua DPW Juleha Banten H. Deden Sunandar, Skom MM, yang lebih akrab disapa Kang Aden

"Hal ini bertujuan agar pelaksanaan kurban dapat ditangani dengan baik dan sesuai dengan prinsip ihsan, " kata Kang Aden. 

Kang Aden mengungkapkan pada tahun 2024, Juleha Banten telah mengedukasi lebih dari 1.000 peserta. Edukasi lewat 40 kegiatan pelatihan, safari, roadshow, dan peningkatan keterampilan penyembelihan hewan di delapan kabupaten/kota, yang ditutup dengan apel siaga pelepasan eksekutor Juleha di Kabupaten Tangerang. 

Rincian kegiatan meliputi 15 kegiatan di Kabupaten Tangerang, 14 kegiatan di Kota Cilegon, 2 kegiatan di Tangerang Selatan, 1 kegiatan di Kota Tangerang, 2 kegiatan di Kota Serang, 1 kegiatan di Kabupaten Lebak, 2 kegiatan di Kabupaten Serang, dan 3 kegiatan di Kabupaten Pandeglang. 

"Dalam setiap kegiatan syiar, Juleha DPW Banten bersinergi dengan lembaga dan instansi terkait Halal Indonesia," tutur Kang Aden. 

Perkumpulan Juru Sembelih Halal (Juleha) Indonesia, yang berdiri sejak 19 September 2016 di Gresik, telah menjadi salah satu komunitas yang berkomitmen terhadap penyebaran syiar sembelih halal di Nusantara.

Juleha didirikan oleh Ust Ali Subarkah (Jakarta) dan Ust Ismail Huda (Malang Jawa Timur) dalam acara Haul haul Al Qutub Al Habib Abu Bakar bin Muhammad Assegaf. 

Saat ini Perkumpulan Juru Sembelih Halal Indonesia telah terbentuk di 18 provinsi, salah satunya adalah Provinsi Banten.

Memasuki tahun 2024, tutur Kang Aden, Juleha Banten berhasil membentuk dan melantik Dewan Perwakilan Daerah (DPD) di delapan kabupaten/kota. Tujuan utama Juleha adalah menyebarkan syiar sembelih halal di seluruh nusantara, memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat terkait hasil sembelihan yang sesuai syariat, serta mendukung program Halal Indonesia.

Pada Hari Raya Kurban, Juleha Banten menyelenggarakan Festival Kurban Banten yang melibatkan berbagai kegiatan edukasi persiapan kurban, baik secara offline maupun online. 

Sejak 2019, berbagai kegiatan telah dilaksanakan, termasuk pelatihan, safari, dan roadshow syiar Juleha kepada masyarakat. Selain itu, mereka mengadakan sesi "Ngopi Kurban" (Ngobrol Hepi) baik secara langsung melalui TikTok dan video edukasi di Channel YouTube Jawara Halal Indonesia, maupun secara offline. Tahun 2024 adalah pelaksanaan Festival Kurban Banten yang ke 5

Juleha Banten juga mengadakan Kongres Juleha, yang merupakan evaluasi dan pelaporan kegiatan qurban anggota Juleha di Banten. Tahun ini merupakan tahun kelima kongres tersebut. Selain itu, juga mengadakan pelatihan peningkatan keterampilan bagi anggota Juleha yang sudah memiliki kemampuan, termasuk pelatihan langsung di Rumah Potong Hewan (RPH).

Editor : Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut