get app
inews
Aa Read Next : Pemotongan Sapi di Kantor Pemkot Cilegon

Juleha Banten Sembelih 2.500 Hewan Kurban saat Iduladha 2024, Gelar Konggres ke-5

Senin, 22 Juli 2024 | 18:18 WIB
header img
Konggres Juleha Banten ke-5 berlangsung di Aula Utama Kanwil Kemenag Provinsi Banten, Ahad (21/7/2024). Foto: Ist

CILEGON, iNews Cilegon.id - Juru Sembelih Halal (Juleha) Provinsi Banten menggelar kegiatan Kongres Juleha Banten ke 5. Konggres untuk pererat silaturahmi dan evaluasi pelaksanaan kurban Iduladha 2024 lalu dengan menyembelih 2.500 hewan kurban. 

Konggres atau kepanjangan dari ngawangkong nepi kaberes, berlangsung di Aula Utama Kanwil Kemenag Provinsi Banten, Ahad (21/7/2024). 

Kongres dihadiri oleh Ketua Umum Juleha Indonesia, Tokoh Masyarakat Banten KH Embay Mulya Syarief sekaligus sebagai dewan pembina juleha banten, Pengurus DPD juleha dari 8 Kab/kota se prov Banten, Ketua Satgas Halal Prov Banten, Halal Center Untirta Sekjend PWI Prov Banten, Sekjend HPDKI Prov Banten, Binmas Polda Banten, Korem 064 M/Y, Baznaz RI dan Baznas Banten.

Ketua DPD Juleha melaporkan pada Iduladha 2024, mereka 2.026 anggota yang berperan memotong dan mengurus penyembelihan sekitar 2500 hewan ternak, terdiri 1.000 sapi/kerbau dan 1.500 domba/kambing.

Dalam persiapan Iduladha 2024, Juleha melakukan sejumlah kegiatan edukasi syiar Juleha berupa pelatihan dan roadshow/safari langsung ke masjid-masjid. 

Dalam kongres dilakukan penandatanganan nota kesepahaman yaitu antara DPP Juleha dengan Baznas RI. Sedangkan DPW Juleha Banten menandatangani kesepahaman dengan para mitra diantaranya dengan Satgas Halal Banten, Baznas Banten, PWI Banten, dan HPDKI Banten.

Disela-sela konggres, diluncurkan Event Festival Qurban Indonesia yang dilaksanakan di tahun 2025 oleh Juleha Banten sinergi kolaborasi dengan para mitra. 

Deden Sunandar, Gubernur Juleha Banten menyampaikan bahwa Event Festival Qurban Indonesia merupakan Event Nasional yang dilaksanakan di Banten tahun 2025. Tujuannya mempersiapkan masyarakat dalam menghadapi Hari Raya qurban. 

Kegiatan ini berisi Edukasi Akbar tentang Syiar Juleha persiapan qurban yang akan menghadirkan para instruktur terbaik Juleha. Tablig Akbar akan menghadirkan penceramah nasional dengan tema Fiqih Qurban, Pameran/Bazar mengangkat Kuliner Halal, Hewan Qurban Terbaik, Sarana Pendukung Qurban, dan berbagai konsultasi tentang Qurban.

Juleha berdiri pada September 2016 di Gresik saat Acara Haul Habib Abu Bakar Assegaf. Juleha Pronvisi Banten terbentuk pada bulan September 2019.

Juleha membawa pesan syiar sembelih halal Nusantara. Salah satu tugas khusus adalah menjelang Hari Raya Qurban. Seluruh umat Islam di Indonesia melaksanakan Qurban baik secara individu maupun yang dilaksanakan secara kepanitiaan baik di masjid maupun di tempat lainnya. 

Semangat berqurban masyarakat Muslim Indonesia sangat tinggi, namun dalam pelaksanaannya masih sangat memprihatinkan dalam hal penanganan hewan qurban.

Semangat berqurban masyarakat belum diimbangi dengan edukasi dan Persiapan yg baik dalam penanganan hewan qurbannya. Itu terlihat di media sosial banyak ditemukan video penanganan hewan qurban yang tidak ihsan dan lebih jauh lagi sampai menimbulkan korban luka bahkan sampai meninggal dunia. 

 

Editor : M Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut