get app
inews
Aa Read Next : Sebuah Crane Terjatuh dari Lantai 45, Korban Luka-Luka 12 Orang

Cetak Sejarah di Moto3 GP, Siapakah Mario Aji? Mantan Pebalap Motor Liar asal Indonesia

Rabu, 19 April 2023 | 12:05 WIB
header img
Mantan Pebalap liar, Mario Aji berhasil juarai Moto3 GP di Austin, Amerika. Foto: Instagram

CILEGON, iNewsCilegon.id - Memiliki nama lengkap Mario Suryo Aji atau yang lebih dikenal dengan Mario Aji, lahir di Magetan,16 Maret 2004. Mario Aji baru saja mencetak sejarah baru di Sirkuit Austin, Amerika, pada Minggu (16/4) waktu setempat.

Meski baru dua tahun berlaga di ajang balap internasional, namun, Mario Aji telah memberikan peningkatan yang cukup signifikan dalam dua musim terakhir.

Mario Aji diketahui melakukan start di posisi ke-23, Mario Aji mampu finis di posisi ke-12. Mario Aji pun berhasil tampil menakjubkan di Moto3 Amerika 2023. Hasil tersebut menjadi sejarah baru bagi pembalap Indonesia.

Lalu siapakah Mario Aji? Dilansir iNewsCilegon.id dari berbagai sumber, yuk! Kita mengenali lebih jauh mantan pebalap liar asal indonesia ini.

Mario Aji merupakan putra ketiga dari empat bersaudara. Sang ayah bernama Hartoto (Alm.) Sedangkan ibunya Risworini.

Memulai karier balap dari usia yang sangat muda, Mario sudah berada di ajang Kejuaraan Nasional Motocross di Indonesia sejak masih berumur 10 tahun. Saat ini Mario duduk di posisi 20 klasemen sementara Moto3 pada musim balapan tahun 2022.

Pada 2014 Mario mulai bergabung dengan sekolah balap milik Hendriansyah dan pada tahun yang sama langsung membalap pada ajang road race Motoprix, Honda Dream Cup. Kemudian Mario mulai dibina oleh PT Astra Honda Motor (AHM).

Kerap dijuluki Super Mario, ia memiliki mimpi untuk menjadi pembalap MotoGP dan berharap bisa berada satu lintasan dengan juara dunia delapan kali Marc Marquez. Mario memiliki momen favorit sendiri selama kariernya dalam balap roda dua yaitu pada tahun 2018.

Seiring perkembangan kemampuan dan pengalaman, Mario mulai dipercaya untuk tampil pada ajang Idemitsu Talent Cup 2018. Mario mencatatkan prestasi yang cukup baik dengan meraih satu kemenangan dan tiga podium.

Awal karier profesionalnya sebagai pebalap bermula di Idemitsu Talent Cup pada 2018,
Saat itu Mario berhasil menempati posisi kelima. 

Sepanjang musim tersebut, Mario meraih merengkuh satu kemenangan dan tiga podium. Mario kemudian pindah ke Junior Talent Team di FILM Moto3 Junior World Championship.

Mario Aji juga pernah mengaspal di kejuaraan Red Bull MotoGP Rookies Cup. Pada 2021, Mario Aji sempat mendapatkan kesempatan turun di dua seri Moto3, yakni Emilia-Romagna dan Algarve Grand Prix.

Pada 2022, Mario Aji akhirnya mendapat kesempatan turun semusim penuh di Moto3 2022 untuk Honda Team Asia Jepang. Wow! Prestasi yang sangat luar biasa ya.

Editor : Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut