get app
inews
Aa Read Next : 3 Manfaat Ikan Salmon Sashimi untuk Kesehatan

Jadi Tuan Rumah SEA Games, Ini 6 Destinasi Wisata Menarik di Kamboja yang Wajib Kamu Kunjungi

Rabu, 17 Mei 2023 | 17:44 WIB
header img
Angkor Wat merupakan bangunan keagamaan terbesar di dunia dan dikenal sebagai kota candi. Foto: Ilustrasi Istimewa

CILEGON, iNewsCilegon.id - Mengunjungi negara Kambajo rasanya tidak lengkap, jika hanya menyaksikan pertandingan SEA Games saja. Ada sejumlah destinasi wisata di Kamboja yang menawarkan keunikan dan daya tarik yang patut dikunjungi. Kamboja dijuluki sebagai Land of the Khmer atau tanah kedamaian dan kemakmuran.

Nama negara Kamboja berasal dari bahasa Sansekerta, yakni Kambuja atau Kampuchea yang berarti tanah kedamaian dan kemakmuran.

Selain itu, Kamboja juga dikenal sebagai 'Negeri Angkor Wat' karena terkenal dengan candi Buddha terbesar di dunia yaitu Angkor Wat di kota Angkor yang menjadi lambang negara ini. Tak hanya itu, ada beberapa kota populer di Kamboja yang yang bisa dikunjungi untuk berwisata. Kota tersebut yakni Siem Reap, Phnom Penh, Sihanoukville dan Battambang.

Meskipun demikian, destinasi wisata favorit wisata Kamboja tidak hanya di Angkor Wat, terdapat tempat wisata lain yang tidak kalah favoritnya daripada Angkor Wat. Berikut daftar tempat wisata di Kamboja yang bisa jadi referensimu! Yuk, simak ya!

1. Phsar Thmei

Phnom Penh merupakan salah satu tempat wisata yang menjadi daya tarik utama bagi wisatawan yang gemar belanja. Phsar Thmei di Phnom Penh adalah salah satu bazar yang selalu dipadati pengunjung dari satu ujung ke ujung lainnya. Pasar yang terletak di pusat ini menyediakan berbagai macam jenis oleh-oleh, mulai dari makanan, pakaian, kerajinan perak dan perhiasan.

Selain itu, banyak penjual barang elektronik dan barang bekas yang bisa dibeli dengan harga terjangkau. Sedangkan di gerbang ke pasar dipenuhi dengan pedagang asongan yang menjual berbagai jenis makanan ringan.

2. Istana Kerajaaan dan Silver Pagoda

Istana Kerajaan Kamboja di Phnom Penh adalah kompleks bangunan istana yang berfungsi sebagai kediaman resmi Raja Kamboja dan keluarga kerajaan. Para raja Kamboja menghuni istana ini sejak dibangun pada 1860-an. Bahkan, bangunan istana megah ini dibangun dengan arsitektur khas Kamboja yang sangat menawan.

Tentu, istana ini menjadi daya tarik wisata yang terkenal di Phnom Penh. Pengunjung dapat masuk dan berkeliling dalam kompleks Pagoda Perak dan kompleks bangunan pusat yang terdiri Balairung Singgasana dan Bangsal Chan Chhaya. Sedangkan, untuk tempat tinggal raja tidak dibuka atau tertutup untuk umum. Pemandangan di sekitar Istana Kerajaan Phnom Penh juga sangat indah, karena Phnom Penh berada di dekat pertemuan Sungai Mekong dan Sungai Tonle Sap.

Data tarik lainnya dari kompleks Istana Raja Kamboja ini adalah keberadaan Silver Pagoda, disebut Silver Pagoda karena tak kurang dari 5000 ubin yang terbuat dari perak melapisi bangunan pagoda khas Kamboja ini. Tak hanya itu, di dalam Pagoda ini juga terdapat patung Budha yang terbuat dari emas dan berhiaskan 9.584 berlian.

3. Angkor Wat

Angkor Wat merupakan bangunan keagamaan terbesar di dunia dan dikenal sebagai kota candi. Bangunan historis ini dibangun pada awal abad ke-12 di lahan seluas 162 hektar atau 1,626 kilometer persegi.

Awalnya adalah candi Hindu yang dibaktikan kepada Dewa Wisnu, kemudian dialih fungsikan menjadi candi Buddha menjelang akhir abad ke-12.  Angkor Wat disebut juga Nokor Wat menjadi objek wisata populer di Kamboja yang mendapatkan status sebagai Situs Warisan Dunia dari UNESCO.

Hingga saat ini, Angkor Wat masih dijadikan sebagai situs ziarah umat Buddha dari berbagai belahan dunia. Seni arsitekturnya melambangkan mahakarya yang bernilai sejarah dan filosofis. Selain itu, Angkor Wat juga memiliki keindahan alam di sekitarnya mulai dari taman hingga danau. Disekitar kawasan Angkor Wat juga bisa mengunjungi destinasi wisata kuil di Kamboja lainnya seperti Banteay Srey, Bayon, Angkor Thom, Ta Keo dan Ta Phrom.

4. Sihanoukville

Kamboja juga memiliki destinasi wisata pantai yang cukup populer di kalangan wisatawan, yakni Sihanoukville. Sihanoukville biasa disebut juga sebagai Kampong Som atau Kampong Saom. Daerah ini merukan sebuah kota pelabuhan yang berada di Selatan Kamboja. Berjarak sekitar 4 hingga 6 jam dari pusat kota Phonm Phen, objek wisata Kamboja ini menawarkan panorama samudera pasifik dan putihnya pasir yang membentang panjang.

Ingin rasanya bermalam di sana, ternyata harga hotel atau penginapan dan makanan di Sihanoukville cukup murah dan terjangkau. Di spinggiran panatai juga banayak bar-bar yang berjejer menyajikan beragam menu makanan dan minuman. Menikmati suasana Pantai Sihanoukville sambil bersenda gurau di pinggir pantai atau bar sungguh menjadi pengalaman yang mantap. Keindahan pantai yang satu ini bertambah ketika matahari mulai menurunkan dirinya dan berganti malam. Ya, sunset indah di pelataran pantai ini juga menjadi daya tarik untuk wisatawan yang datang.

Selain itu, alternatif wisata pantai di Kamboja lainnya yang bisa jadi pilihanmu adalah Sokha Beach, Independent Beach, Long Beach, Serendipity Beach dan Otres Beach.

4. Kratie

Berada di tepian Sungai Mekong, kamu bisa menyusuri objek wisata kota Tua Kratie dimana kawasan ini masih diramaikan bangunan-bangunan Kuno yang dahulu dibangun oleh Bangsa Perancis saat menjajah Kamboja.

Selain keindahan arsitektur kuno tersebut, kamu juga bisa berwisata di Sungai Mekong dan jika beruntung bisa melihat Lumba-Lumba Krawaddy, species Lumba-Lumba air tawar langka yang hanya hidup dan ditemukan di Sungai Mekong.

5. Pulau Koh Rong

Pulau Koh Rong merupakan salah satu pulau terbesar di Kamboja yang terkenal dengan pantainya yang indah dan jernih. Terletak di lepas pantai Sihanoukville, pulau ini adalah tempat yang tepat untuk bersantai, berenan  dan snorkeling. Selain itu, terdapat juga hutan hujan tropis yang masih alami sehingga panorama yang ditawarkan sangat mempesona.

Nah, itulah tempat wisata yang populer di negara Kamboja. Kamu bisa mengunjungi semua tempat wisata diatas bersama keluarga, teman, pasangan kalian, atau siapa pun yang mau kamu ajak kesana. Jangan lupa untuk mengabadikan setiap moment liburan itu sangat penting karena akan bisa diingat setiap detailnya dan suasana di dalam momen tersebut sebagai kenang kenangan berharga ya!.

Editor : Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut