get app
inews
Aa Read Next : Rentenir Berkedok Koperasi dengan Bunga 30-40 Persen, Ini Tindakan Tegas Pemkot Cilegon

Keindahan Pulau Merak Besar dan Pulau Merak Kecil di Cilegon

Jum'at, 26 Mei 2023 | 12:29 WIB
header img
Pulau Merak Kecil berada di perairan Selat Sunda, Cilegon, Banten. Foto: goodnewsfromindonesia.id

CILEGON, iNewsCilegon.id - Kebanyakan orang menyebutkan Merak sebagai salah satu pelabuhan terbesar yang merupakan penyebrangan antara Merak menuju Bakauheni, Lampung maupun daerah lainnya yang ada di Pulau Sumatera.

Banyak orang pula yang memikirkan tentang kemacetan dan mobil-mobil besar saat mendengarkan daerah Merak. Namun siapa sangka, dibalik semua itu Merak memiliki potensi wisata yang sayangnya mungkin belum banyak diketahui orang.

Merak memiliki pulau-pulau cantik yang menawan, seperti Pulau Merak Besar dan Pulau Merak Kecil. Kedua pulau ini lokasinya memang tidak begitu jauh dari daratan. Hanya dibutuhkan sekitar beberapa menit untuk bisa menuju lokasi pulau-pulau cantik ini menggunakan perahu nelayan.

Bahkan jika anda menggunakan speed boat, maka waktu tempuh yang dibutuhkan bisa lebih cepat. Penasaran seperti Pulau Merak Kecil dan Pulau Merak Besar? Yuk, simak dibawah ini ya! 

Pulau Merak Kecil

Pulau Merak Kecil berada di perairan Selat Sunda, Cilegon, Banten. Wisata ini menawarkan suasana pantai yang sejuk dengan hamparan pasir putih dan laut birunya yang menenangkan, sehingga sangat cocok untuk melepas penat setelah beraktivitas selama hampir sepekan.

Selain itu, pengunjung dapat menikmati sejumlah fasilitas tambahan seperti banana boat, wisata naik perahu, dan snorkeling, terdapat juga fasilitas penunjang di antaranya toilet, tempat ganti pakaian, dan musala.

Meskipun ukurannya kecil, pulau ini memiliki beberapa akomodasi yang bisa digunakan untuk bermalam seperti homestay dan tenda. Selain itu, terdapat warung-warung kuliner yang menyediakan makanan laut segar. 

Waktu kunjungan wisatawan dibuka setiap hari pukul 06.00 WIB hingga 17.00 WIB. Karena perahu yang mengantarkan berhenti beroperasi di jam tersebut. Perjalanan menuju pulau menggunakan perahu tidak lama hanya 5 menit sudah sampai. Sementara jika berkemah, tidak perlu mengkhawatirkan batas waktu kunjungan ini. Karena dapat pulang dengan perahu keesokan harinya. 

Di samping itu, untuk berlibur ke Pulau Merak Kecil tidak perlu mengeluarkan terlalu banyak biaya. Bahkan, cukup bermodalkan Rp50 ribu saja. Tarif masuk Pulau Merak kecil tergolong murah, yakni hanya Rp2 ribu.

Selepas itu, kamu akan menyeberang ke pulau dan cukup membayar diawal dengan tarif Rp15 ribu. Biaya tersebut sudah total layanan antar dan jemput jika sudah selesai.

Jika membawa uang Rp50 ribu, maka masih ada sisa Rp33 ribu yang dapat digunakan untuk membeli makanan atau menikmati wahana-wahana yang tersedia. 

Pulau Merak Besar 

Wisata Pulau Merak Besar di Tamansari Cilegon Banten merupakan tempat wisata yang harus anda kunjungi karena pesona keindahannya tidak ada duanya. Penduduk lokal daerah Cilegon juga sangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal maupun wisatawan asing.

Memasuki pulau merak besar sangat membuat kagum karena air lautnya begitu jernih dan pemandangan yang disuguhkan dapat mengobati rasa lelah dari perjalanan. Lokasi wisata satu ini berada di Pulau Merak Besar, Desa Tamansari, Kecamatan Pulomerak, Kota Cilegon, Banten, Indonesia. 

Untuk menuju ke pulau ini cukup membayar perahu mesin yang khusus mengangkut pengunjung dengan dikenai biaya sebesar Rp20.000 per orang. Perjalanan yang ditempuh sekitar 7 menit dari pantai mabak.

Hamparan laut biru yang sangat menyejukkan mata dan hembusan angin dapat membuat mata mengantuk, pemandangan kapal Fery dari dermaga penyeberangan sangat indah, dengan lalu lalangnya kapal.

Fasilitas di sini memang masih minim hanya toilet dan ada beberapa warung yang menyediakan makanan dan minuman sambil memandang lautan yang luas. Di pulau merak besar masih sepi, dan terasa sedang berada di pulau pribadi.

Uniknya dari Pulau Merak Besar ini, kamu bisa melihat situs Tsunami Gunung Krakatau yang meletus pada tahun 1883 silam. Jadi, selain bisa menikmati keindahan alamnya anda juga bisa belajar mengenai sejarah.

Pulau Merak Besar terletak tepat (± 500 M) didepan pelabuhan penyebrangan Merak – Bakauheni, dengan luas areal sekitar 20 Ha. Pulau Merak Besar adalah Pulau Hutan Lindung yang berfungsi sebagai Pelindung Pelabuhan Ferry dan Terminal Terpadu Merak.

Pulau ini sangat strategis untuk melindungi kedua asset milik pemerintah pusat dan daerah. Dan Pulau Merak Besar ini juga sangat berpotensi karena memiliki potensi sumberdaya Kelautan dan Flora dan Fauna.

Alamnya masih asri dan tidak berpenghuni, terdapat pula bebatuan. Pulau Merak Besar dapat ditempuh sekitar 15 menit dari pusat Kota Cilegon yang memiliki luas kurang lebih 40 Ha dan sangat potensi akan Sumber Daya Alam Hayati dan Perikanan, serta Potensi Penangkapan Ikan Laut jenis Pelagis Kecil, Demersal dan Ikan Karang.

Nah, itulah beberapa referensi Pulau Merak yang ada di kota Cilegon. Kira-kira kalian mau kunjungi destinasi liburan yang mana? Atau ingin kunjungi semua destinasi Pulau semuanya? Untuk itu pastikan semua persiapan kebutuhan mulai dari kesehatan, uang, transportasi, kamera dan lainnya supaya liburan kalian ke Cilegon menyenangkan ya.

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Cilegon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut