get app
inews
Aa Read Next : Kolaborasi GSK, Kemenkes, Praktisi Kesehatan, dan Komunitas Hadapi Tantangan Kejar Imunisasi Anak

Silent Killer Peringkat Ketiga, Ini 6 Faktor Risiko dan 4 Gejala Kanker Ovarium

Sabtu, 27 Mei 2023 | 21:43 WIB
header img
Ki-ka: Shahnaz Haque (moderator), dr. Theresia Sandra Diah Ratih, MHA (Kementerian Kesehatan RI), dr. Toto Imam Soeparmono, SpOG, K.Onk, MH (Dokter Spesialis Ginekologi Onkologi), dan Apt. Yovita Diane Titisari, M.Sc, Apoteker Klinis. Foto: Ist

Yang termasuk dalam enam faktor risiko adalah: (1) memiliki riwayat kista endometriosis; (2) memiliki riwayat kanker ovarium dan/atau kanker payudara dalam keluarga; (3) mutasi genetik (misalnya BRCA); (4) paritas rendah (tidak punya anak); (5) gaya hidup yang buruk; (6) dan penuaan. 

Sementara itu, empat pertanda kanker ovarium adalah (1) kembung; (2) nafsu makan berkurang; (3) sering buang air kecil; (4) dan nyeri panggul atau perut.

Pada umumnya kanker ovarium tidak disertai gejala pada stadium awal.

Hanya 20% dari pasien kanker ovarium yang terdeteksi pada stadium awal, dan 94% di antaranya berhasil mencapai harapan hidup lebih dari lima tahun, oleh karena itu pasien yang didiagnosis dengan kanker ovarium harus mendapatkan penanganan segera.

Perawatan dan pengobatan yang tepat memberikan peluang keberhasilan yang tinggi pada kanker ovarium stadium awal saat penyakit masih terbatas pada organ ovarium. 

Apt. Yovita Diane Titisari, M.Sc, Apoteker Klinis, mengatakan, "Penting bagi pasien kanker ovarium untuk patuh dalam menjalani pengobatan dan mengikuti instruksi dokter agar penyakit tidak semakin parah dan kambuh lagi."

Dijelaskan oleh Sri Suharti, Ketua Umum Harian CISC, "CISC yang telah berdiri sejak 2003, merupakan salah satu wadah informasi dan dukungan bagi para pasien dan keluarganya. Kami CISC siap memberikan dukungan agar pasien kanker ovarium di Indonesia dapat menjalani pengobatan yang bermutu dan tepat waktu.”

dr. Feddy, Medical Director AstraZeneca Indonesia, menambahkan, "Melalui Kampanye 10 Jari, kami mengajak setiap perempuan dan keluarganya di Indonesia untuk menyadari bahaya kanker ovarium dan memberikan kesempatan kepada mereka untuk mengantisipasi kondisi yang fatal ini. AstraZeneca, sebagai perusahaan biofarmasi global, berkomitmen menghadirkan pengobatan kanker yang inovatif dan terobosan baru bagi para pasien, termasuk pasien kanker ovarium di Indonesia."

Editor : Novita Sari

Follow Berita iNews Cilegon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut