Logo Network
Network

Keren! Air Lahang dan Kampung Tenun Baduy Masuk Nominasi API 2023

Ila Nurlaila Sari/Net Cilegon
.
Selasa, 06 Juni 2023 | 09:57 WIB
Keren! Air Lahang dan Kampung Tenun Baduy Masuk Nominasi API 2023
Air Lahang dan Kampung Tenun Baduy masuk API 2023. Foto: Istimewa

LEBAK, iNewsCilegon.id - Anugerah Pesona Indonesia (API) mengumumkan nominasi API 2023. Dari sejumlah nominasi, Lahang jadi salah satu perwakilan dari Lebak di ajang yang sudah digelar ke-8 kali ini.

API AWARD 2023 merupakan ajang penghargaan yang bertujuan untuk mempromosikan kekayaan budaya, dan pariwisata Indonesia.

Lahang masuk ke nominasi Minuman Tradisional, bersaing dengan 9 nominasi lain dari seluruh Indonesia.

Selain Lahang, juga ada Kampung Tenun Baduy yang jadi perwakilan Lebak sebagai nominasi Destinasi Belanja.

Selain menjadi prestasi luar biasa, masuknya 2 kekayaan budaya ini tentu menunjukkan betapa berharganya warisan budaya lokal, dan pentingnya untuk dilestarikan.

Keberadaan Lahang dalam nominasi API AWARD 2023, merupakan sebuah pengakuan akan nilai-nilai budaya yang terkandung dalam minuman ini.

Selain memiliki cita rasa manis dan menyegarkan, Lahang juga dikenal sebagai minuman tradisional isotonik yang memberikan manfaat bagi tubuh.

Perlu diketahui, Lahang adalah minuman yang berasal dari getah nira atau kawung yang merupakan bahan dasar pembuatan gula merah aren.

Dalam proses pengolahan Lahang, bisa dibilang memiliki nilai historis serta budaya yang kuat. Karena dalam proses penyadapan pohon aren, menunjukkan kearifan lokal dan keterampilan yang turun-temurun.

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Cilegon di Google News

Bagikan Artikel Ini