Logo Network
Network

Lantik 258 Pejabat Pemkot Cilegon, Helldy: Tak Ada Jual Beli Jabatan

Mohamad Hidayat
.
Selasa, 06 Juni 2023 | 18:54 WIB
Lantik 258 Pejabat Pemkot Cilegon, Helldy: Tak Ada Jual Beli Jabatan
Wali Kota Cilegon Helldy Agustian melantik 258 pejabat di Pemkot Cilegon, Selasa (6/6/2023) (Foto: Diskominfo Kota Cilegon)

CILEGON, iNewsCilegon.id - Wali Kota Cilegon Helldy Agustian melantik 258 pejabat Pemkot Cilegon di halaman kantor Wali Kota Cilegon di jalan Jenderal Soedirman, Selasa (6/6/2023).

Ratusan pejabat yang dilantik terdiri atas 10 jabatan pimpinan tinggi pratama atau eselon II. Mereka antara lain Sayfarudin sebagai Asda III yang sebelumnya sebagai Kepala Disperindag, Ahmad Jubaedi sebagai Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dari sebelumnya Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM).

Ada juga Damanhuri yang dilantik sebagai Kepala Dinas Sosial dari sebelumnya Kepala Dinas Pemadam Kebakaran, Didin S. Maulana dilantik sebagai Kepala Dinass Koperasi dan UMKM dari semula Kepala Dinas Kominfo.

Sedangkan Agus Ubaedillah yang semula Kepala Dinas Koperasi dan UMKM digeser menjadi Staf Ahli Wali Kota. Agus Zulkarnaen sebagai Kepala Dinas Kominfo dari semula Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB).

Sementara itu, Heri Mardiana yang sebelumnya Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) dilantik sebagai Sekretaris DPRD. Adapun Bambang Hario Bintan yang semula Sekretaris DPRD kini sebagai Staf Ahli Wali Kota.

Sabri Mahyudin yang tadinya Staf Ahli Wali Kota kini sebagai Kepala Dinas Lingkungan Hidup, serta Joko Purwanto yang semula Staf Ahli Wali Kota kini sebagai Kepala BKPSDM.

Selain pejabat setingkat eselon II, ada juga 21 pejabat lainnya yang dilantik adalah sebagai pengawas, 204 jabatan fungsional melalui formassi CPNS, tiga orang jabatan fungsional melalui  P2UPD, lima jabatan fungsional auditor, serta masing-masing satu orang jabatan fungsional penata ruang dan jabatan fungsional penyuluh sosial.

Seusai pelantikan, Helldy berpesan agar pejabat yang baru dilantik untuk bekerja dengan sungguh-sungguh. Adapun ada yang suka dan tidak suka dengan posisi yang baru, Helldy minta semua pihak mengevaluasi diri.

"Yang terpenting saya ingatkan bahwa saya tidak pernah meminta imbalan apa-apa terkait mutasi rotasi dan promosi jabatan ini. Tidak ada jual beli jabatan, Bila ada orang yang mengatasnamakan saya meminta sesuatu, itu bohong," tegas Helldy.

Terkait masih banyaknya jabatan tinggi pratama atau eselon II yang kosong, Helldy mengatakan bahwa setelah ini pihaknya akan segera melakukan lelang jabatan (open bidding).

"Kalau jabatan kasi dan lainnya, saya melihat harus ada promosi yang jelas dan berjenjang. Kepentingan saya, bagaimana memberikan contoh naik berdasarkan kategori, bukan asal naik. Kami ingin yang terbaik buat masyarakat," ujarnya.

Sekda Kota Cilegon Maman Mauludin juga menilai rotasi mutassi dan promosi jabatan merupakan hal biasa dalam birokrasi. Dia meminta agar para pejabat baru segera menyesuaikan diri dan bekerja secara profesional.

"Sekarang waktunya bekerja mengejar target-target dalam RPJMD (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah) yang sudah ditetapkan," ungkapnya.

Editor : Mohamad Hidayat

Follow Berita iNews Cilegon di Google News

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.