get app
inews
Aa Read Next : 3 Manfaat Ikan Salmon Sashimi untuk Kesehatan

Punya Kulit Sensitif? Inilah 6 Cara untuk Meningkatkan Kekuatan Skin Barrier

Jum'at, 16 Juni 2023 | 09:40 WIB
header img
Skin barrier merupakan lapisan kulit terluar yang tugasnya melindungi kulit agar tetap sehat dan terhidrasi

CILEGON, iNewsCilegon.id - Kulit sensitif tentunya menuntut seseorang untuk sangat berhati-hati dalam memilih produk perawatan kulit yang digunakannya. Namun apa sebenarnya penyebab kulit sensitif? Salah satunya ternyata skin barrier terlalu tipis di kulit. 

Skin barrier merupakan lapisan kulit terluar yang tugasnya melindungi kulit agar tetap sehat dan terhidrasi. Lapisan kulit ini biasanya terletak di bagian atas dermis dan menutupi bagian lain seperti otot, arteri, dan banyak lainnya. 

Melemahnya penghalang kulit dapat menyebabkan kondisi kulit sensitif yang mudah teriritasi, yang dapat dengan mudah menyebabkan jerawat

Lantas bagaimana cara meningkatkan perlindungan kulit agar tidak sensitif? Berikut 6 cara meningkatkan kekuatan skin barrier untuk kulit sensitif!

Membuat Skincare Routine yang Simpel

Perawatan kulit melibatkan berbagai produk perawatan kulit, namun ternyata penggunaan produk perawatan kulit yang terlalu rumit juga menjadi penyebab melemahnya lapisan pelindung kulit.

Jadi jika Anda curiga memiliki kulit sensitif, fokuslah untuk memperbaiki skin barrier terlebih dahulu. Salah satunya adalah dengan menyederhanakan rutinitas perawatan kulit Anda. 

Gunakan pembersih dengan bahan lembut, toner pelembab, pelembab pengunci kelembaban, dan tabir surya dari pagi hingga siang hari.

Menggunakan Sunscreen

Salah satu hal paling sederhana yang dapat Anda lakukan untuk melindungi kulit Anda adalah memastikan produk perawatan kulit yang Anda gunakan setiap hari mengandung tabir surya. 

Pastikan tabir surya yang Anda gunakan mengandung antioksidan untuk melawan radikal bebas dan cukup untuk melindungi kulit Anda dari paparan sinar matahari langsung saat berada di luar ruangan.

Menghindari Stres

Ternyata stres bisa jadi salah satu penyebab skin barrier kita melemah. Kulit adalah bagian organ yang paling besar ada di dalam tubuh kita oleh karena itu nutrisi yang diberikan harus diperhatikan baik dari luar dan dalam. 

Dikutip dari Get The Gloss, stres menjadi salah satu penyebab lamanya penyembuhan luka pada kulit serta perbaikan skin barrier kita. Oleh karena itu, penting juga untuk mengelola stres dengan benar agar tidak mempengaruhi skin barrier.

Hindari Skincare Mengandung Scrub

Saat skin barrier terasa melemah ditandai dengan kulit terasa lebih sensitif, ada baiknya kamu menghindari proses physical exfoliation. Untuk itu, pastikan produk skincare yang kamu gunakan tidak mengandung scrub dan jangan terlalu sering menggosok muka karena akan memperparah keadaan kulit. 

Gunakan skincare dengan kandungan yang gentle, dan apabila kamu menggunakan aplikator skincare juga gunakan yang memiliki bahan yang lembut untuk menghindari iritasi kulit akibat skin barrier yang sedang tidak dalam keadaan yang kuat.

Memahami Kandungan Skincare

Saat memutuskan menggunakan sebuah skincare, tentu kamu bukan cuma membeli berdasarkan rekomendasi dong? Kamu juga wajib mengetahui kandungan yang ada dalam produk skincare tersebut. 

Sebelum membeli produk skincare, biasakan untuk mengecek terlebih dahulu kandungan di dalamnya. Apabila perlu, lakukan riset terlebih dahulu agar kamu bisa meminimalisir kondisi dimana mungkin ada kandungan skincare yang tidak cocok dengan kulitmu.

Mencuci Muka dengan Suhu Air yang Sedang

Ternyata menggunakan air terlalu panas atau terlalu dingin juga bisa menyebabkan melemahnya skin barrier sehingga membuat kulit mengalami kondisi yang sensitif. 

Sebaiknya untuk menghindari keadaan tersebut, gunakan air dengan temperatur sedang untuk mencuci muka. Selain itu gunakan sabun muka yang sesuai dengan jenis kulit serta yang memiliki kandungan yang lembut. 

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Cilegon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut