get app
inews
Aa Read Next : Wow Akan Ada Aplikasi Kencan di Twitter atau X, Diungkap Elon Musk

Viral Ibu dan Anak di Bukittinggi Inses, Bayi Terlahir Cacat-Down Syndrome

Jum'at, 23 Juni 2023 | 18:18 WIB
header img
Bayi yang lahir dari hubungan sedarah bisa membawa gen buruk dari orang tuanya.Foto: ilustrasi

JAKARTA, iNewsCilegon.id - Kabar terbaru viral di Twitter mengenai kasus anak dan ibu inses. Kasus tersebut telah terjadi selama 11 tahun dan dibagikan oleh akun Tanyarl. Bayi terlahir cacat Down Syndrome.

"Selingkuh enggak ada apa-apanya. Ini ngeri banget, bapaknya masih ada, ya ampun," tulis akun tersebut dalam unggahannya.

Perkawinan sedarah sangat dilarang dalam dunia medis, selain dapat menyebabkan bayi mengalami fisik, ada penyakit yang akan diderita.

dr Ari Fahrial Syam, SpPD menjelaskan, kawin sedarah dapat menyebabkan gen-gen buruk dalam tubuh orang tuanya menyatu pada bayi.

"Dunia medis tidak menganjurkan terjadinya kawin sedarah. Ini berkaitan dengan ditakutkan gen-gen yang jelek malah ketemu di tubuh si bayi," jelasnya dikutip Okezone.

Selain itu, masalah lain dapat menyerang muncul, seperti memicu masalah auto imun yang timbul karena faktor genetik. Namun, dari beberapa penyakit yang bisa timbul dari pernikahan sedarah, yang cukup khas dari kasus ini adalah talasemia.

“Ini sering terjadi pada pasangan yang ternyata sedarah," kata dr Ari.

Talasemia sendiri merupakan kelainan darah dengan kondisi jumlah protein pembawa oksigen kurang dari jumlah normal. Akibatnya, darah tidak mampu membawa oksigen yang cukup untuk disebarkan ke seluruh tubuh si orang dengan penyakit ini.

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Cilegon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut