get app
inews
Aa Read Next : Mudik Gratis Pemkot Cilegon Siap Angkut 2.160 Pemudik

Akibat Tahun Ajaran Baru, Jumlah Hewan Qurban di Panguseupan Labuan Menurun

Kamis, 29 Juni 2023 | 12:20 WIB
header img
Meski mengalami penurunan, Warga Kampung Panguseupan, Labuan, Pandeglang tetap antusias melihat penyembelihan hewan qurban. Foto: iNewsCilegon.id/Ila Nurlaila Sari

PANDEGLANG, iNewsCilegon.id - Minat warga Kampung Panguseupan, Desa Labuan, Kecamatan Labuan, Kabupaten Pandeglang, Banten, melaksanakan ibadah kurban tahun ini menurun dibanding tahun sebelumnya. Adanya Pandemi Covid 19 dan masuknya tahun ajaran baru diyakini menjadi faktor pemicu.

Ketua Panitia Penyembelihan hewan qurban, Oyok Yudaningrat mengatakan, untuk jumlah hewan qurban pada idul adha tahun 2023 ini panitia menyembelih 15 ekor kerbau, 4 kambing dan 1 ekor sapi

“Dibandingkan tahun lalu jelas ini menurun, tahun lalu kita menyembelih 19 kerbau dan 4 ekor kambing, tapi tahun ini hanya 15 kerbau, 4 ekor kambing dan 1 ekor sapi, alasannya para penabung ditahun ini membutuhkan biaya untuk sekolah anak dan jualan yang sepi," ujar Oyok Yudaningrat, kepada tim iNewsCilegon.id. Kamis (29/6/2023).

Oyok menuturkan, hewan qurban tersebut merupakan hasil menabung warga yang menjadi peserta qurban ditahun ini sebanyak 250 peserta. 

"Pembelian hewan qurban ditahun ini masih sama dengan tahun sebelumnya hasil tabungan 250 peserta selama 1 tahun, nilainya bervariatif tergantung kesanggupan dan kemampuan peserta," jelasnya.

Dari hasil tabungan para peserta, lanjut Oyok, Panitia berhasil membagikan sekitar 500 kupon lebih kepada masyarakat di Kampung tersebut.

"Alhamdulillah tahun ini kami (Panitia) membagikan sebanyak 500 kupon lebih untuk warga, baik para peserta maupun masyarakat umum yang ada di kampung Panguseupan ini,"  kata Oyok.

Ia berharap, tahun depan jumlah hewan qurban akan mengalami peningkatan.

"Kepada para dermawan, pengusaha dan juga Ibu Bupati Pandeglang semoga di lebaran tahun depan berkenan menyumbangkan hewan qurbannya untuk warga Panguseupan," pungkasnya.

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Cilegon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut