get app
inews
Aa Read Next : RSUD Cilegon Gelar Sosialisasi Standar Pelayanan Kesehatan

Jangan Dibuang, Ini 7 Manfaat Ekstrak Kulit Manggis untuk Cegah Kanker hingga Diabetes

Selasa, 04 Juli 2023 | 10:12 WIB
header img
Buah manggis bagus untuk kesehatan tubuh dan kulit. Apalagi, ekstra kulit manggis dapat mencegah kanker hingga diabetes. Foto: Istimewa

CILEGON, iNewsCilegon.id – Manggis atau nama latinnya Garcinia mangostana merupakan buah tropis eksotis dengan rasa sedikit manis dan sedikit asam. Padahal, manggis memiliki beberapa manfaat kesehatan, terutama untuk kulit.

Manggis tergolong tanaman herbal karena kulitnya sering digunakan untuk mengobati penyakit tertentu. Kulit manggis menawarkan banyak manfaat kesehatan karena kaya kandungan antioksidan.  

Lantas, apa saja manfaat kulit manggis untuk kesehatan tubuh? Simak berikut ini ya. 

Manfaat Kulit Manggis

Dikutip iNewsCilegon.id dari berbagai sumber, manfaat ekstrak kulit manggis memiliki sifat antioksidan yang sangat kuat, sehingga dapat membantu mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas dan mengurangi risiko terkena berbagai macam penyakit kronis seperti kanker, penyakit jantung, dan diabetes.

1. Mencegah Kerusakan Sel 

Manfaat ekstrak kulit manggis terbukti efektif mencegah kerusakan sel. Ekstrak kulit manggis mengandung senyawa antioksidan yang sangat kuat, seperti xanthone dan vitamin C, yang dapat membantu mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas.

Kerusakan sel dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, termasuk penyakit jantung, diabetes, dan kanker. Senyawa antioksidan dalam ekstrak kulit manggis membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan tersebut.

2. Menjaga Kesehatan Jantung 

Senyawa antioksidan dalam ekstrak kulit manggis juga dapat membantu menjaga kesehatan jantung.

Manfaat ekstrak kulit manggis dapat membantu mencegah oksidasi kolesterol jahat yang dapat menyebabkan penumpukan plak di arteri dan meningkatkan risiko penyakit jantung.

3. Menghambat Pertumbuhan Sel Kanker

Kandungan xanthone pada kulit manggis dipercaya dapat menghambat perkembangan dan penyebaran sel kanker, seperti kanker payudara, tumor otak, kanker usus besar, hati, paru, hingga leukemia.

Selain itu, sebuah studi juga menyebutkan bahwa efek antikanker pada kulit manggis dapat menghambat perkembangan kanker usus besar. Meski demikian, penelitian lebih lanjut masih perlu dilakukan untuk memastikan efektivitas kulit manggis untuk mengatasi kanker.

4. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Kulit manggis mengandung vitamin dan mineral yang membantu meningkatkan kekebalan, membantu melawan infeksi, serta menjaga fungsi tubuh.

Vitamin dan mineral ini juga berperan dalam produksi DNA, kontraksi otot, membantu proses penyembuhan luka, serta menjaga kesehatan saraf.

Vitamin dan mineral yang terkandung dalam kulit manggis, antara lain Vitamin C, folat, Vitamin B1, Vitamin B2, mangan, tembaga, dan magnesium. Selain itu, kulit manggis juga mengandung protein yang bersifat antibodi.

Protein ini membantu sistem kekebalan tubuh untuk melawan virus yang menyebabkan penyakit, seperti pneumonia, flu berat, dan flu biasa.

5. Membantu Menurunkan Kadar Gula Darah

Xanthone dalam kulit manggis juga dapat membantu menurunkan gula darah dan membantu menjaga kadar gula darah yang sehat. Senyawa ini dapat meningkatkan sensitivitas insulin pada penderita diabetes, memungkinkan pengelolaan gula darah yang lebih baik. Oleh karena itu, seseorang yang berisiko terkena diabetes disarankan untuk mengkonsumsi kulit manggis untuk mengurangi resistensi insulin.

6. Menjaga Kesehatan Kulit 

Ekstrak kulit manggis mengandung senyawa antioksidan yang dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari dan radikal bebas. Senyawa ini juga dapat membantu meningkatkan elastisitas kulit, mengurangi kerutan, dan meningkatkan produksi kolagen.

7. Menjaga Kesehatan Ginjal

Kulit manggis mengandung senyawa yang dapat membantu melindungi ginjal dari kerusakan akibat radikal bebas. Senyawa ini juga dapat membantu meningkatkan fungsi ginjal.

Nah, itulah beberapa manfaat dari ekstra kulit manggis. Untuk itu jangan dibuang begitu saja ya, kulit manggis bisa Anda rebus dan air rebusannya diminum dapat mencegah dari berbagai penyakit. 

Editor : M Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut