get app
inews
Aa Read Next : Rentenir Berkedok Koperasi dengan Bunga 30-40 Persen, Ini Tindakan Tegas Pemkot Cilegon

60 Unit Royal Enfield di Akhir Juli 2023, Kemenkeu Bakal Lelang Ulang

Kamis, 20 Juli 2023 | 07:56 WIB
header img
Tampang Royal Enfield Classic 350 salah satu unit motor yang akan dilelang Kemenkeu di akhir juli 2023. Foto : Royal Enfield

JAKARTA, iNewsCilegon.id - Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) berencana untuk mengadakan lelang 60 unit motor merek Royal Enfield pada tanggal 28 Juli 2023.

Sebelumnya, 60 unit motor Royal Enfield yang termasuk dalam kategori barang tidak dikuasai (BTD) awalnya dijadwalkan untuk dilelang pada tanggal 12 Juni. 

Namun, Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KNKNL) Jakarta II telah membatalkan lelang tersebut akibat kendala teknis.

Informasi tersebut diberikan langsung oleh Joko Prihanto, Direktur Lelang DJKN Kemenkeu. Beliau menjelaskan bahwa saat ini pihaknya sedang melakukan persiapan sarana dan prasarana yang diperlukan untuk proses lelang, terutama dalam hal infrastruktur teknologi informasi (IT).

"Royal Enfield kemarin sempat ada problem, nanti kita akan lelang ulang kurang lebih Insya Allah tanggal 28 Juli karena masih kita persiapkan sarana prasarananya," kata Joko  di Kementerian Keuangan, Selasa (18/07/2023)

Dilain sisi, Direktur Jenderal Kekayaan Negara, Rionald Silaban, menyatakan bahwa minat untuk mengikuti lelang motor Royal Enfield sangat tinggi. 

Hal ini terlihat dari jumlah akses ke platform Portal Lelang Indonesia yang mencapai 61 ribu dan telah ada penawaran hingga 3 ribu.

Banyaknya minat dari masyarakat menyebabkan munculnya masalah teknis dalam pelaksanaan lelang pada tanggal 12 Juni 2023 lalu.

Oleh karena itu, DJKN berupaya mempersiapkan seluruh instrumen pendukung agar proses lelang dapat berjalan dengan lancar dan efisien.

“Karena  lalu lintas kemarin -nya melonjak di luar perkiraan. Belajar dari pengalaman bulan lalu, maka sekarang kami sebaik-baiknya,” ujar Rionald.

Perlu diketahui bahwa motor Royal Enfield yang akan dilelang berasal dari kantor Bea dan Cukai Tanjung Priok melalui Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Jakarta II. Ada dua tipe yang akan dilelang, yaitu Classic EFI 500 cc dan Classic 350 cc.

Motor-motor Royal Enfield yang akan dilelang tersedia dalam lima pilihan warna menarik, yakni Army Battle Green, Chrome Black, Squadron Blue, Stealth Black, dan Gunmetal Grey.

Lelang motor ini akan diadakan melalui sistem open bidding atau lelang terbuka secara online di situs lelang.go.id. Harga awal untuk lelang motor Royal Enfield berkisar antara Rp 23 juta hingga Rp 27 juta, dengan nilai jaminan mulai dari Rp 8 juta hingga Rp 10 juta.

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Cilegon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut