get app
inews
Aa Read Next : Rentenir Berkedok Koperasi dengan Bunga 30-40 Persen, Ini Tindakan Tegas Pemkot Cilegon

Waspada! Pengusaha asal Pandeglang Nyaris jadi Korban Penipuan APK Undangan via Whatsapp

Sabtu, 22 Juli 2023 | 11:28 WIB
header img
Heru Fahrudin, pengusaha asal Pandeglang nyaris jadi korban penipuan modus undangan via WA. Foto: iNewsCilegon.id/Ila Nurlaila Sari

PANDEGLANG, iNewsCilegon.id - Heru Fahrudin, pengusaha toko bangunan asal Kabupaten Pandeglang nyaris menjadi santapan pelaku penipuan Apk Undangan yang disebar via Whatsapp.

Heru mengatakan, kejadian tersebut berawal ketika dirinya menerima sebuah pesan di Whatsapp dari orang yang diketahuinya merupakan satu group WA bersama dirinya.

"Saya buka pesan itu karena yang ngirim orang yang satu grup dengan saya di sebuah grup Whatsapp, dibuka lah...eh ternyata undangannya dalam bentuk Apk yang harus kita instal dulu," kata Heru Fahrudin. Sabtu (22/7/2023).

Heru menuturkan, kemudian dirinya berinisiasi menanyakan perihal kiriman undangan yang diterimanya ke Group Whatsapp yang dimaksud.

"Karena saya curiga kemudian saya tanya di grup, ini nomor siapa...awalnya tidak ada yang respon namun kemudian ada yang memberitahu bahwa nomor itu di-hack," ujarnya.

Heru menungkap, ada 2 temannya yang jadi korban penipuan Apk Undangan via Whatspp.

"Dua teman saya yang sekampung sama saya jadi korban, modusnya uang korban disedot via m-banking, kisaran diangka jutaan lah kerugiannya," jelasnya.

Heru menghimbau, agar berhati-hati ketika menerima undangan via Whatsapp dalam bentuk aplikasi.

"Karena kalau undangan biasanya kan dalam bentuk file bukan Apk, kalau ada yang menerima undangan via pesan Whatsapp dalam bentuk Apk dan harus di Instalasi lebih baik diabaikan karena itu modus penipuan," pungkasnya.

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Cilegon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut