get app
inews
Aa Read Next : Rentenir Berkedok Koperasi dengan Bunga 30-40 Persen, Ini Tindakan Tegas Pemkot Cilegon

Tips dan Trik Cara Menghilangkan Getah Nangka, Tak Perlu Pakai Minyak

Kamis, 27 Juli 2023 | 10:50 WIB
header img
Cara menghilangkan getah nangka. Foto Ilustrasi: Istimewa

CILEGON, iNewsCilegon.id - Dibalik kelezatan buahnya, nangka punya getah yang banyak. Saat dipotong dari pohonnya, getah nangka terus menerus menetes.

Getah yang bertekstur lengket ini tidak hanya bisa mengenai pisau dan baju saja, namun juga menempel pada telapak, dan terkadang hal itu bikin hati kesal.

Lalu bagaimana cara menghilangkan getah nangka?

Dilansir iNewsCilegon.id dari kanal YouTube Budi Poenya Aksi, Kamis (27/7/2023), berikut cara menghilangkan getah nangka.

Dalam video Budi Poenya Aksi, untuk menghilangkan getah nangka yang menempel ditangan hilang maksimal, dirinya menambahkan satu jenis daun, yakni daun muda jambu biji.

Di awal video, ia terlihat sedang memanen buah nangka. Buah nangka yang dipetik pun nampak sudah matang sempurna karena dagingnya berwarna kuning cerah.

"Masalahnya kalau habis makan nangka ya gini, getahnya sampai full di seluruh telapak tangan," ujarnya dikutip iNewsCilegon.id dari YouTube Budi Poenya Aksi.

Untuk membersihkannya, ia tak perlu membilas tangannya pakai air terlebih dulu, dan langsung remas-remas daun muda jambu biji dengan kedua tangannya yang penuh getah nangka. Dalam video tampak ia menggunakan lima hingga delapan lembar daun muda jambu biji.

"Diginiin sampai getah nangka jadi menempel di daun muda jambu bijinya," lanjutnya.

Cara ini juga bisa dilakukan untuk menghilangkan getah di buah lainnya seperti pisang. Selain sudah ditonton sebanyak 7,8 ribu kali, kolom komentar video ini pun dipenuhi berbagai respons warga YouTube lainnya.

Jika dirasa sudah cukup, sisihkan daun muda jambu biji. Lalu tuangkan minyak goreng secukupnya ke telapak tangan. Ratakan minyak goreng sampai telapak tangan terasa licin dan nggak lengket lagi.

Terakhir, bilas tangan dengan cara biasanya. Gosok-gosok pakai sabun cuci piring dan jangan lupa dibilas. Alhasil, tangan pun bersih maksimal dan bebas dari getah nangka.

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Cilegon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut