get app
inews
Aa Read Next : Rentenir Berkedok Koperasi dengan Bunga 30-40 Persen, Ini Tindakan Tegas Pemkot Cilegon

Mitsubishi Akan Tampilkan eK X EV di Pagelaran Otomotif GIIAS 2023

Kamis, 03 Agustus 2023 | 05:30 WIB
header img
Tampilan mobil listrik Mitsubishi eK X EV yang akan di perkenalkan di pagelaran GIIAS 2023. Foto : CarsGuide

CILEGON, iNewsCilegon.id - Misteri kehadiran mobil listrik Mitsubishi eK X EV di Indonesia telah terjawab, mobil model ini dipastikan akan diperkenalkan dalam Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023 yang akan berlangsung pada bulan Agustus mendatang.

PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) telah mengumumkan bahwa Mitsubishi eK X EV akan hadir bersamaan dengan debut global The New SUV, sejalan dengan acara perkenalan resmi dari wujud asli Mitsubishi XFC Concept. 

Informasi ini diambil dari keterangan resmi yang dikeluarkan oleh perusahaan asal jepang tersebut.

"Selain melakukan peluncuran global untuk model 'The New SUV', pada GIIAS 2023, Mitsubishi Motors juga akan menampilkan model Mitsubishi eK X EV, sebuah mobil di segmen kei-car full listrik, untuk pertama kalinya di luar Jepang," tulis MMKSI dalam pernyataan resminya, Senin (31/9).

eK X EV adalah varian crossover mobil listrik yang dibuat berdasarkan basis kei car eK X dengan mesin konvensional. Model eK X EV pertama kali diperkenalkan pada bulan Mei 2022 bersama dengan saudara kembarannya, Nissan Sakura.

Desain eK X EV mengikuti ciri khas kei car dengan bentuk boxy. Dimensinya adalah panjang 3,39 meter, lebar 1,47 meter, dan tinggi 1,64 meter, membuatnya sedikit lebih panjang sekitar 4 cm dibandingkan Wuling Air EV, namun lebar dan tingginya sama.

Mobil ini dilengkapi dengan baterai lithium-ion 20 kWh dan motor listrik 47 kW (63 hp) yang menggerakkan roda depan. Kapasitas baterai ini memungkinkan mobil menempuh jarak hingga 180 km dengan sekali pengisian.

Pada bulan Juni lalu, Presiden Direktur PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), Atsushi Kurita, mengungkapkan bahwa mereka sedang melakukan studi untuk menjual eK X EV di Indonesia. 

Pihak dealer telah melihat mobil ini di Jepang dan yakin bisa berhasil dalam penjualannya. Namun, terdapat pertimbangan mengenai ukurannya yang kecil, yang belum tentu cocok bagi konsumen dalam negeri.

Di pasar Jepang, mobil ini dibanderol dengan harga mulai dari 2.398.000 hingga 2.932.600 yen (termasuk pajak konsumsi 10 persen), yang setara dengan kisaran harga Rp 253 jutaan sampai Rp 310 jutaan (dengan kurs 1 yen=Rp 105.9).

Namun, belum ada informasi mengenai ketersediaan Mitsubishi eK X EV di Indonesia. Saat ini, di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023, eK X EV hanya dipamerkan sebagai show car dan belum dikonfirmasi akan dijual di pasar Indonesia atau tidak.

Selain memperkenalkan SUV baru yang menjadi debut global dan eK X EV yang hadir untuk pertama kalinya di luar Jepang, MMKSI juga akan menampilkan mobil listrik lainnya, yakni kei car jenis minivan Minicab MiEV. Minicab MiEV akan diproduksi secara lokal dan dijual di Indonesia.

Editor : Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut