get app
inews
Aa Read Next : Sikat Habis Street Crime Polres Lebak Berhasil Amankan 5 Pelaku dan Belasan Ranmor

Ternyata Minum Air Putih Bisa Keracunan sampai Meninggal, Simak Faktanya

Rabu, 09 Agustus 2023 | 12:07 WIB
header img
Terlalu banyak minum air putih bisa menyebabkan kematian. Foto: Ilustrasi Istimewa

CILEGON, iNewsCilegon.id - Kabar menghebohkan terjadi di Amerika Serikat. Seorang wanita meninggal karena terlalu banyak minum air putih.

Insiden tersebut dikenal sebagai overhidrasi. Ini terjadi akibat seseorang minum air putih terlalu banyak dan berlebihan, menyebabkan pengenceran elektrolit esensial dalam aliran darah.

Konsultan Penyakit Dalam Rumah Sakit Fortis Escorts Faridabad dr. Anurag Aggarwal menuturkan, keracunan air putih timbul  akibat ketidakseimbangan cairan dalam tubuh, dikutip Hindustan Times.

Ketidakseimbangan cairan dalam tubuh mengabaikan efek buruk, seperti sakit kepala, mual, dan kebingungan, yang dapat menjadi lebih parah seperti muntah, kejang, dan bahkan koma dalam kasus yang ekstrim.

Kemudian, dr Aggarwal menyebut, ketidakseimbangan elektrolit kritis yang terjadi dengan cepat akan mengancam jiwa. 

Ketidakseimbangan ini dapat menyebabkan kadar elektrolit rendah. Ini mengakibatkan kegagalan organ dan pembengkakan otak, yang mengakibatkan koma dan, akhirnya, kematian, dikutip Antara.

Sementara itu, dehidrasi terjadi ketika tubuh kehilangan cairan yang dibutuhkan dan menyebabkan menurunnya fungsi tubuh.

Gejala awal dehidrasi meliputi rasa haus, mulut kering, pusing, dan kelelahan, yang dapat berkembang menjadi komplikasi parah, termasuk kegagalan organ, jika tidak ditangani.

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Cilegon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut