get app
inews
Aa Read Next : Emak-Emak di Bogor Viral Usai Kakinya Terlindas Paspampres di Kebun Raya Bogor

Uji Coba Lancar, LRT Siap Beroperasi 26 Agustus 2023

Kamis, 10 Agustus 2023 | 12:19 WIB
header img
Presiden Joko Widodo dan influencer menjajal LRT Jabodebek, Kamis (10/8/2023) (Foto: Istimewa)

CILEGON, iNewsCilegon.id - Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (Persero) Didiek Hartantyo mengatakan moda transpotasi LRT (Light Rail Transit) siap beroperasi secara resmi melayani penumpang pada 26 Agustus 2023.

Hal tersebut diungkapkan Didiek setelah uji coba kedua yang dilakukan Presiden Joko Widodo (Jokowi)  pada Kamis (10/8/2023),  berjalan lancar dan aman, sesuai dengan standar keamanan transportasi. Uji coba dari stasiun Jatimulya sampai stasiun Dukuh Atas Itu ditempuh dengan kecepatan rata-rata 50 km/jam.

Sebelum melaksanakan uji coba tersebut, KAI telah melakukan berbagai peningkatan kesiapan sarana dan prasarana, termasuk integrasi system software, sesuai dengan arahan Kementrian BUMN. Evaluasi dan perbaikan akan dilakukan secara berkelanjutan terutama pada software dan sistem automasi kereta. Hal itu sangat penting, mengingat LRT akan beroperasi secara otomatis tanpa ada masinis.

“Seperti yang disampaikan presiden, LRT adalah moda transportasi baru di Indonesia. Untuk itu, kami akan terus melakukan evaluasi dan perbaikan dalam memberikan rasa nyaman dan aman kepada penumpang,” ucap Didiek.

Begitupula dengan jalur rel LRT, KAI akan melakukan pengawasan secara ketat di beberapa titik, terutama yang berada di atas lalu lintas Ibu kota. KAI juga akan bersinergi dengan operator moda transportasi lainnya, sehingga, di sejumlah stasiun, penumpang bisa menggunakan moda transportasi lain, seperti Trans Jakarta, untuk melanjutkan perjalanan ke tujuan.

Sebelumnya, Presiden telah menugaskan Kementerian BUMN agar melakukan evaluasi, mencari solusi bersama kementerian terkait, dalam mendorong percepatan pembangunan proyek transportasi, terutama LRT sesuai target. Sebagai tindak lanjut, dalam proses pengawasan pengerjaan proyek LRT, Kementerian BUMN menemukan sejumlah hal yang masih harus di diperbaiki oleh perusahaan BUMN.

Hal itu dalam rangka menjamin transparansi serta kesesuaian proyek tersebut sehingga dapat segera beroperasi dan dirasakan manfaatnya oleh masyarakat, sekaligus memberikan efek berganda besar terhadap perekonomian.

Kementrian BUMN sangat berhati-hati dengan melakukan cek and ricek, termasuk terkait operasional LRT, sebelum dibuka untuk masyarakat. Hal itu juga sebagai wujud tanggungjawab Kementrian BUMN, agar semua proyek infrastruktur khususnya sektor transportasi saling terintegrasi, sehingga bermanfaat buat masyarakat luas.

Terkait dengan kondisi jalur rel LRT, Didiek memaparkan bahwa KAI telah melakukan berbagai penyesuaian, sehingga pergerakan kereta masih dalam batas standar keamanan. Penyesuaian tersebut termasuk juga pada jadwal keberangkatan kereta.

“Khususnya di jalur yang berada di Kawasan segitigas emas: Kuningan, Gatot Subroto sampai ke Dukuh Atas, perjalanan LRT agak sedikit melambat, agar kenyamanan penumpang tetap terjaga,” tutup Didiek.

Dengan beroperasinya LRT, diharapkan warga commuter, dapat melakukan perjalanan ke Jakarta dan kembali dengan waktu tempuh yang lebih cepat dibanding menggunakan kendaraan pribadi. Selain tidak terkena kemacetan lalu lintas, penumpang juga dapat menikmati suasana ibukota dengan nyaman, dan yang lebih penting, dapat sampai ke tujuan tepat waktu.

Editor : Mohamad Hidayat

Follow Berita iNews Cilegon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut