get app
inews
Aa Read Next : Rentenir Berkedok Koperasi dengan Bunga 30-40 Persen, Ini Tindakan Tegas Pemkot Cilegon

5 Film yang Cocok Kamu Tonton di Bulan Kemerdekaan

Jum'at, 11 Agustus 2023 | 08:07 WIB
header img
Mengenang kembali jasa pahlawan Indonesia lewat film biografi. Foto: IMDb

CILEGON, iNewsCilegon.id -  Menjelang Hari Kemerdekaan ke-78 Republik Indonesia film biografi pahlawan nasional bisa jadi salah satu tontonan menarik. Khususnya untuk mengenang jasa pahlawan dan meningkatkan kembali rasa nasionalis di Hari Kemerdekaan RI pada 17 Agustus mendatang.

Berikut ini 5 Film biografis pahlawan untuk mengisi Hari Kemerdekaan RI ke-78:

Jenderal Soedirman (2015)

Film besutan sutradara Viva Westi mengisahkan kehebatan salah satu pahlawan nasional Jenderal Soedirman. Ditengah penyakit paru-paru yang dideritanya Jendral Soedirman tetap memimpin perang gerilya di atas tandu bersama prajuritnya.

Sang Jenderal nekat melakukan perjalanan ke arah selatan selama tujuh bulan lamanya yang mengisyaratkan bahwa Republik Indonesia masih kokoh berdiri melumpumpuhkan pos penjagaan Belanda.

Dibintangi oleh Adipati Dolken sebagai Jenderal Soedirman, Ibnu Jamil sebagai Tjokropranolo, Mathias Muchus sebagai Tan Malaka, Baim Wong sebagai Soekarno, dan Nugie sebagai Mohammad Hatta.

1. Guru Bangsa: Tjokroaminoto (2015)

Lahir dari keturunan bangsawan, Tjokroaminoto dibesarkan pada lingkungan yang agamis di desa Ponorogo, Jawa Timur. Kemewahan yang dimilikinya tak membuat ia terlena melainkan miris pada keadaan masyarakat sekelilingnya yang dijajah.

Kemudian Tjokroaminoto meninggalkan rumahnya dan memulai pemberontakan bersama rakyat golongan bawah.

Film garapan sineas Garin Nugroho ini dibintangi oleh aktor kelas atas diantaranya Reza Rahadian, Putri Ayudya, Christine Hakim

2. Kartini (2017)

Kisah ikonik perjuangan perempuan demi mendapatkan hak yang setara dengan laki-laki. Kartini membangun sekolah dan membuka lapangan pekerjaan bagi seluruh rakyat baik miskin dan rakyat biasa. 

Hanung Bramantyo selaku sutradara mengemas baik jalan cerita sehingga dapat membawa penonton masuk kedalam perjuangan seorang Kartini.

Dibintangi aktor ternama Mulai dari Dian Sastrowardoyo sebagai Kartini, Christine Hakim sebagai Ngasirah, Deddy Sutomo sebagai Raden Sosroningrat, Reza Rahadian sebagai Sostrokartono, Acha Septriasa sebagai Roekmini, Ayushita sebagai Kardinah, Djenar Maesa Ayu, juga Denny Sumargo. 

Editor : Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut