get app
inews
Aa Read Next : Wali Kota Helldy Ajak Industri Terlibat Meriahkan HUT Kota Cilegon

Warga Cipala Cilegon Senang Air Bersih Berlimpah Meski Kemarau Tiba

Rabu, 23 Agustus 2023 | 19:11 WIB
header img
Warga Lingkungan Cipala, Kelurahan Lebak Gede, Kecamatan Pulomerak, Cilegon tetap mendapatkan air bersih dengan mudah meski musim kemarau tiba (Foto: Diskominfo Kota Cilegon)

CILEGON, iNewsCilegon.id  - Warga Lingkungan Cipala, Kelurahan Lebak Gede, Kecamatan Pulomerak mengaku senang dan berterimakasih kepada Wali Kota Cilegon Helldy Agustian. Sebab, meski sudah memasuki musim kemarau ketersediaan air bersih masih lebih dari cukup alias berlimpah untuk masyarakat.

Hal itu berkat adanya program yang digelontorkan Pemkot Cilegon terkait jaringan air dari bawah yang dibangun atas kerjasama PT Indonesia Power, PT Krakatau Tirta Industri dan Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Cilegon Mandiri.

“Pak Wali haturnuhun (terima kasih) sampai saat ini banyu (air) masih lancar. Sekali lagi kami mengucapkan terima kasih masyarakat Kampung Cipala,” kata Sutihat, Warga RT 03/05 Lingkungan Cipala, Keluarahan Lebak Gede, Kecamatan Pulomerak, Rabu (23/8/2023).

Sutihat berharap ke depan air bersih yang saat ini dapat diambil di penampungan dapat disalurkan langsung kerumah warga. “Mudah-mudahan ke depannya bisa mengalir kerumah-rumah masyarakat Cipala,” harapnya.

Sementara itu, Lurah Lebak Gede Fatoni menjelaskan, sebelum ada program yang diinisiasi Wali Kota Cilegon Helldy Agustian itu, masyarakat Cipala kerap kali mengalami kesulitan dalam mendapatkan pasokan air bersih.

“Sebelum ada program ini, terkadang bukan musim kemarau juga sulit air bersih. Alhamdulillah sekarang saat musim kemarau juga ketersediaan air bersih masih sangat cukup,” jelasnya.

Menurut Fatoni program penyediaan air bersih itu sangat efektif dalam memenuhi kebutuhan masyarakat Cipala yang sebelumnya hanya mengandalkan air sumur yang lokasinya berada di sekitar kampung.

“Sekarang tidak terdengar lagi ada masyarakat pergi ke sumur malam-malam akibat kekurangan air, tapi kalau siang kabarnya masih ada yang mengambil air ke sumur karena faktor kebiasaan mengingat sudah berpuluh-puluh tahun menggunakan air tersebut. Air yang berada dipenampungan sangat cukup untuk masyarakat Cipala,” tuturnya.

Diterangkan Fatoni, masyarakat Lingkungan Cipala mendapatkan pelayanan penyediaan air bersih mulai pukul 07.00 WIB hingga 17.00 WIB dengan debit air yang tersedia sebanyak 20.000 liter perhari.

“Di Cipala itu ada 4 RT, jadi mengambil airnya dilakukan sesuai jadwal agar tidak terjadi penumpukkan. Alhamdulillah masyarakat tertib. Kami dan masyarakat sangat senang, terimakasih pak wali,” katanya.

Editor : Mohamad Hidayat

Follow Berita iNews Cilegon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut