get app
inews
Aa Read Next : Rentenir Berkedok Koperasi dengan Bunga 30-40 Persen, Ini Tindakan Tegas Pemkot Cilegon

Air Sungai Mengering, Warga Carita Harapkan Bantuan Air Bersih

Senin, 28 Agustus 2023 | 11:02 WIB
header img
Air sungai mengering, warga Desa Sukanagara Carita Harapkan Bantuan Air Bersih. Foto: Istimewa

PANDEGLANG, iNewsCilegon.id - Warga Desa Sukanagara, Kecamatan Carita, Kabupaten Pandeglang, Banten, mulai alami kekeringan dan kesulitan air bersih, akibat musim kemarau yang berkepanjangan.

Tak hanya itu, warga yang kesehariannya mengandalkan aliran air dari sumber air untuk memenuhi kebutuhan air bersih. Terkait hal itu, warga setempat mengharapkan adanya bantuan air bersih.

Kusnadi, salah seorang warga mengatakan, untuk sementara warga menggunakan selang kecil yang disambungkan ke masing - masing rumah warga dari sumber air yang ada di kampung Cikupa, yang sejak musim kemarau melanda sumber air satu-satunya itu jadi rebutan warga untuk memperoleh air bersih.  

"Bisa dilihat langsung, itu banyak selang - selang air menuju rumah warga, selang-selang tersebut terbagi ke masing - masing RT. Tapi sejak kondisi cuaca seperti ini airnya ga ada, itupun giliran ngambilnya karena debit airnya berkurang," kata Kusnadi. Senin (28/8/2023).

Hal senada juga diungkapkan oleh Jaskari, askari, Kepala Desa Sukanagara Carita.

"Iya betul, memang seperti itu adanya kondisi saat ini di Desa Sukanagara,  karena warga di Desa kami jarang ada yang punya sumur, akhirnya warga swadaya untuk menggunakan selang yang penting air ngalir ke rumah warga," jelasnya.

Mengingat air bersih sangat dibutuhkan oleh warganya, Jaskari berharap, adanya  perhatian dari pemerintah daerah maupun pemerintah pusat untuk kebutuhan air bersih warganya.

"Sangat terlihat jelas kan dilokasi sumber air mengering, bahkan batu- batunya pun sudah tidak terendam air akibat musim kemarau, saya berharap adanya bantuan program baik dari Pemda Pandeglang, Provinsi atau pusat berupa sarana air bersih atau yang seperti desa-desa lain dapatkan sebelumnya seperti Pamsimas, karena air itu salah satu kebutuhan pokok utama masyarakat setiap waktu, jelas sangat dibutuhkan," tandasnya.

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Cilegon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut