get app
inews
Aa Read Next : Rentenir Berkedok Koperasi dengan Bunga 30-40 Persen, Ini Tindakan Tegas Pemkot Cilegon

Puluhan Jasad Hangus Bergelimpangan, Terjebak Kebakaran Hutan

Selasa, 29 Agustus 2023 | 11:25 WIB
header img
Puluhan jasad hewan hingga manusia bergelimpangan, dampak kebakaran hutan (Foto: VOA)

YUNANI, iNewsCilegon.id - Puluhan jasad ditemukan terbakar. Domba hingga kura-kura mati terpanggang. Mobil, rumah, hingga sejumlah makam rusak. Inilah malapetaka kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Yunani, dengan api yang muncul sejak Sabtu (19/8/2023).

Puluhan jasad yang terbakar ditemukan di Evros, utara Yunani diduga imigran anak dan dewasa yang menyeberang dari Turki, dan terjebak saat karhutla berlangsung.

"Yunani sedang mengalami tahun terburuknya dari segi kondisi iklim, sejak pencatatan data meteorologi dimulai," kata jubir pemerintah Pavlos Marinakis. Dikutip dari VOA. Selasa (29/8/2023).

Selama seminggu terakhir, damkar disebut harus tangani 516 titik api baru. Pihak berwajib menyebut, pembakar hutan sebagai salah satu penyebab karhutla. Beberapa terduga pelaku ditangkap, sembari penyelidikan dilangsungkan terhadap tersangka lainnya.

Sepanjang 2023, api telah membumihanguskan 120 ribu hektar lahan di seluruh Yunani, menurut perkiraan Observatorium Nasional.

Kahurtla minggu ini disebut sebagai yang terbesar yang pernah tercatat di Uni Eropa, sebut Komisioner Uni Eropa urusan Manajemen Krisis, Janez Lenarcic.

Editor : Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut