get app
inews
Aa Read Next : Rentenir Berkedok Koperasi dengan Bunga 30-40 Persen, Ini Tindakan Tegas Pemkot Cilegon

5 Daerah Terpanas di Banten versi BPS, Pandeglang Nomor Berapa?

Kamis, 31 Agustus 2023 | 10:49 WIB
header img
5 daerah terpanas di Banten, Pandeglang nomor berapa? Foto Ilustrasi: Istimewa

PANDEGLANG, iNewsCilegon.id - Provinsi Banten memiliki luas wilayah berkisar 9.663 kilometer persegi yang memiliki delapan kabupaten dan kota, dan terdapat daerah terpanas di antaranya.

Adapun daerah terpanas di Provinsi Banten ini, ditentukan berdasarkan ketinggian wilayah setiap daerah yang mengacu berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS).

5 daerah terpanas di Banten versi BPS

Berikut daftar daerah di Banten yang memiliki suhu terpanas.

1. Pandeglang

Pandeglang adalah kota di Provinsi Banten yang terkenal dengan wisata pantainya.
Suhu udara di Pandeglang bisa mencapai 32 derajat Celsius pada siang hari. Kabupaten Pandeglang berada di ketinggian 257.93 mdpl. 
.
Faktor-faktor seperti lokasinya yang berada di dataran rendah dan iklim tropis menyebabkan suhu udara yang tinggi di Pandeglang.

2. Cilegon

Cilegon adalah kota industri di Provinsi Banten. Suhu udara di Cilegon bisa mencapai 33 derajat Celsius pada siang hari. Kota yang dikenal sebagai daerah industri karena banyaknya pabrik-pabrik di wilayah itu ternyata memiliki ketinggian wilayah bekisar 19.93 mdpl. 

Faktor-faktor seperti lokasinya yang berada di dataran rendah dan iklim tropis menyebabkan suhu udara yang tinggi di Cilegon.

3. Tangerang

Tangerang adalah kota terbesar kedua di Provinsi Banten setelah Kota Tangerang Selatan.
Suhu udara di Tangerang bisa mencapai 33 derajat Celsius pada siang hari. Kota ini memiliki ketiggian ketinggian 47.01 mdpl.

Faktor-faktor seperti lokasinya yang berada di dataran rendah dan iklim tropis menyebabkan suhu udara yang tinggi di Tangerang.

4. Serang

Serang adalah ibu kota Provinsi Banten. Suhu udara di Serang bisa mencapai 33 derajat Celsius pada siang hari. Serang yang berada dengan ketinggian 28.17 mdpl di atas permukaan laut menjadi wilayah terpanas keempat di provinsi Banten.

Faktor-faktor seperti lokasinya yang berada di dataran rendah dan iklim tropis menyebabkan suhu udara yang tinggi di Serang.

5. Ciputat

Ciputat adalah sebuah kecamatan di Kota Tangerang Selatan, Provinsi Banten. Suhu udara di Ciputat bisa mencapai 34 derajat Celsius pada siang hari. 

Ciputat, Tangerang Selatan, menjadi kawasan terpanas di Indonesia berdasarkan data dari Badan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).

Dari 5 daerah di atas, Pandeglang tidak sepanas 4 daerah lain. Itulah penjelasan daerah terpanas di  Banten. Semoga bermanfaat!

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Cilegon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut