get app
inews
Aa Read Next : TRILOGY ARCHERY Gelar Event Panahan LATSCOBER di Kota Cilegon

Cegah Stunting, Wabup Lebak Tekankan Bumil dan Remaja Puteri Konsumsi Vitamin Penambah Darah

Minggu, 03 September 2023 | 12:03 WIB
header img
Wakil Bupati Lebak, Ade Sumardi, tekankan ibu hamil dan remaja putri konsumsi vitamin penambah darah. Foto: Istimewa

LEBAK, iNewsCilegon.id - Wakil Bupati Lebak Ade Sumardi tekankan ibu hamil dan remaja agar mengkonsumsi vitamin penambah darah yang mengandung zat besi (Tablet Fe) secara rutin.

Hal itu terungkap dalam seminar dengan tema Pentingnya Pemberian Tablet Fe pada Remaja Puteri dan Ibu Hamil untuk Mencegah Stunting pada Anak. Seminar berlangsung di Aula PKK Rangkasbitung, Jum'at (01/09/2023).

Wakil Bupati Lebak, Ade Sumardi, menjelaskan pentingnya konsumsi tablet penambah darah untuk mencegah stunting dari hulu, melalui remaja perempuan dan ibu hamil.

"Konsumsi pil tambah darah ini penting, untuk mencegah resiko terjadinya anemia, dan mencegah stunting, karena jika ibu hamil kekurangan darah maka itu sangat berbahaya. Untuk itu saya mohon kepada kader PKK untuk terus mensosialisasikan ini, kepada anak ibu, saudara, tetangga, dan masyarakat di Desa dan di Kecamatan ibu-ibu.'' ungkap Wabup.

Ade Sumardi juga mengajak kepada Kader PKK untuk selalu menjaga kekompakan dalam menurunkan angka stunting, mensosialisasikan langkah-langkah pencegahan dan penanganan stunting. 

"Selain itu, kepada para Kader PKK saya mengingatkan tentang maraknya pelecehan seksual terhadap anak di lingkungan sekolah, dan mengajak kader PKK untuk memperhatikan serta memberikan pendidikan seks
kepada anak sehingga anak dapat terhindar dari perbuatan yang tidak diinginkan," kata Ade.

Sementara itu, Ketua Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Ani Sumardi menambahkan, bahwa pentingnya remaja dan ibu hamil mengkonsumsi tablet penambah darah (Fe) untuk mencegah anemia, khususnya pada ibu hamil karena dapat menimbulkankan resiko kematian pada saat persalinan.

"Sangat fatal akibatnya ketika ibu hamil dan remaja putri kita kekurangan Fe, karena akan menimbulkan anemia apalagi animia yang diderita dalam jangka waktu yang lama itu sangat berbahaya," tandasnya.

Editor : M Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut