get app
inews
Aa Read Next : Rentenir Berkedok Koperasi dengan Bunga 30-40 Persen, Ini Tindakan Tegas Pemkot Cilegon

Ratusan Peserta ikuti Festival Lomba Layang-layang Sowangan di Pandeglang

Rabu, 06 September 2023 | 13:39 WIB
header img
Ratusan peserta ikuti festival lomba layang-layang sowangan di Pandeglang. Foto: cilegon.inews.id/Ila Nurlaila Sari

PANDEGLANG, iNewsCilegon.id - Sebanyak 300 peserta dari berbagai Kabupaten/kota di Provinsi ikuti Festival lomba layang-layang sowangan yang diadakan di Desa Pasir Kadu, Kecamatan Sukaresmi, Kabupaten Pandeglang, Banten, pada Minggu (3/9/2023).

Panitia festival lomba layang-layang Sowangan, Edi Wijaya mengatakan, ratusan peserta berasal dari Serang, Tangerang, dan dari seluruh kecamatan yang ada di Kabupaten Pandeglang. 

"Total perserta festival lomba layang-layang sowangan ada 300 orang, dari berbagai kota dan kabupaten di Banten," kata Edi Wijaya. Rabu (6/9/2023).

Edi menuturkan, festival lomba layang-layang sowangan ini digelar guna melestarikan budaya dan menjadi wadah untuk para pencinta layangan.

"Tujuannya sih kita ingin menjaga dan menjadi wadah bagi para penyuka permainan tradisional ini agar tetap lestari," ujarnya.

Dalam festival layang-layang ini, lanjut Edi, pihak penyelenggara menetapkan tiga orang pemenang dengan hadiah uang tunai.

"Juara 1 dari Desa Pasirkadu Kecamatan Sukaresmi, Juara 2 desa Pasirloa Kecamatan Sindang Resmi, Juara 3 dari Desa Pasirkadu Kecamatan Sukaresmi," jelasnya.

Edi menjelaskan, dalam festival lomba layang-layang ini tak ada penilaian yang khusus.

"Untuk penilaian kami dari panitia tidak menerapkan banyak aturan, Siapa yang bertahan paling lama terbangnya itu yang menang," terangnya.


Edi berharap, kedepan jumlah peserta akan lebih banyak dan festival lomba layang-layang akan menjadi agenda rutin tahunan.

"Festival lomba layang-layang ini akan dijadikan agenda tahunan, dan semoga untuk kedepannya lebih banyak lagi sponsor yg mendukung acara ini," tandasnya.

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Cilegon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut