get app
inews
Aa Read Next : Rentenir Berkedok Koperasi dengan Bunga 30-40 Persen, Ini Tindakan Tegas Pemkot Cilegon

Dibangun Sejak 2015, Waduk Karian di Lebak Banten Akhirnya Siap Beroperasi

Minggu, 01 Oktober 2023 | 12:17 WIB
header img
Waduk Karian, di Lebak Banten lakukan impounding. Foto: Istimewa

LEBAK, iNewsCilegon.id - Waduk Karian seluas 2.226,44 hektare yang berada di Desa Pasirtanjung, Kecamatan Rangkasbitung, Kabupaten Lebak, Banten, akhirnya siap beroperasi. Hal itu terungkap dalam acara peresmian impounding atau pengisian awal air bendungan Karian, pada Jumat (29/9/2023).

Diketahui, Bendungan Karian merupakan proyek strategis nasional di Kabupaten Lebak yang dimulai sejak 2015. Pembangunan bendungan ini ditujukan sebagai infrastruktur pengendalian banjir, suplai air baku rumah tangga, kantor dan industri wilayah Banten dan DKI, suplai air irigasi dan berpotensi untuk pembangkit listrik mikrohidro, serta dapat dikembangkan menjadi potensi pariwisata.

Kepala BBWSC3, I Ketut Jayada mengatakan, proses pengisian waduk akan dilaksanakan secara bertahap dan secara intensif dilakukan pemantauan.

'Diharapkan manfaat bendungan tersebut baik dalam segi konservasi sumber daya air dan pengendalian banjir dapat segera dirasakan," ujar I Ketut Jayada.

Sementara itu, Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya mengajak kepada seluruh masyarakat dan stakeholder untuk senantiasa membangun daerah secara inklusif berkelanjutan, sehingga dapat menarik investor berinvestasi di Kabupaten Lebak.

"Kita juga akan terus berusaha agar semakin banyak masyarakat Lebak maupun investor berinvestasi di Kabupaten Lebak. Tunjukan Kabupaten Lebak adalah daerah yang kondusif untuk investasi, sehingga kedepan Kabupaten Lebak menjadi daerah yang semakin sejahtera," tandasnya.

Editor : Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut