get app
inews
Aa Read Next : Pemotongan Sapi di Kantor Pemkot Cilegon

Cilegon Terus Genjot Penurunan Angka Stunting

Sabtu, 21 Oktober 2023 | 12:15 WIB
header img
Rapat evaluasi kinerja TPPS semester 2 tahun 2023 sebagai upaya untuk mengetahui progres atas program percepatan penurunan angka stunting di Kota Cilegon, Jumat 20 Oktober 2023. Foto: Diskominfo Kota Cilegon

CILEGON, iNewsCilegon.id - Pemkot Cilegon menggelar rapat evaluasi Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) untuk menggenjot penurunan angka stunting

Rapat evaluasi yang digelar di Kantor DP3AP2KB Kota Cilegon itu digelar dalam rangka menggenjot angka stunting yang tren-nya terus mengalami penurunan. Rapat dilakukan Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB).

Rapat digelar bersama sejumlah instansi terkait di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Cilegon, Jumat 20 Oktober 2023.

 

 “Kami sudah melaksanakan rapat evaluasi kinerja TPPS semester 2 tahun 2023 sebagai upaya untuk mengetahui progres atas program percepatan penurunan angka stunting di Kota Cilegon. Alhamdulillah angka stunting di Kota Cilegon tren-nya terus mengalami penurunan. Pada validasi Februari 2023 angkanya 1.144 dan pada validasi Agustus turun menjadi 944,” kata Kepala Bidang (Kabid) Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana pada DP3AP2KB Kota Cilegon Wawan Ikhwani sebagaimana dirilis Diskominfo Kota Cilegon, Jumat 20 Oktober 2023.  

Pada rapat evaluasi itu, tambah Wawan, instansi terkait yang diundang diantaranya Dinas Kesehatan (Dinkes), Bappeda, Dinsos, DKPP, Dindik, Perkim, Dinas PUPR, Dinas Kominfo, Kementerian Agama (Kemenag) dan Satgas Stunting Banten untuk wilayah kerja Kota Cilegon.

"Program penurunan angka stunting ini memiliki korelasi dengan instansi lain, sehingga kami undang untuk bersama-sama merumuskan isian dari format yang disediakan Pemerintah Pusat terkait dengan langkah-langkah yang sudah dan akan dilakukan sebagai laporan TPPS pada semester 2 tahun 2023,” tambahnya.

Dijelaskan Wawan, laporan TPPS tersebut akan disampaikan paling lambat 5 Desember 2023, sehingga Organisasi Perangkat Daerah (OPD) perlu memulai untuk melakukan pengisian data yang disiapkan Pemerintah Pusat.

"Tidak semua urusan stunting ini ranah DP3AP2KB, tapi juga ada pada dinas lain sebagai penunjang percepatan penurunan stunting, seperti Dinas Perkim terkait program sanitasi dan Rutilahu, DKPP terkait bantuan pangan bagi keluarga risiko stunting, Dindik terkait dengan pendidikan PAUD Holistik dan lainnya,” jelas Wawan.

Senada disampaikan Kepala DP3AP2KB Kota Cilegon Agus Zulkarnain yang berharap agar program percepatan penurunan stunting di Kota Cilegon dapat berjalan lancar. “Alhamdulillah angkanya (Stunting-red) terus menurun. Kita berharap, ke depan juga terus demikian (Turun-red) sehingga Kota Cilegon nihil stunting,” harapnya.

Editor : M Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut