get app
inews
Aa Read Next : Panik Isi Token Gagal Terus, Coba 5 Cara ini

PT PLN Batubara Dibubarkan Tahun Ini

Rabu, 26 Januari 2022 | 21:59 WIB
header img
Saat ini PLN tengah memproses pembubaran PT PLN Batubara (foto: dok. PLN)

JAKARTA, iNews.id – PT PLN Batubara akan dibubarkan induknya PT PLN. Proses pembubaran tengah dilakukan.

Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo mengatakan, pihaknya terus melakukan kajian dan audit secara komprehensif. Bahkan, manajemen telah mengalihkan kontrak batu bara dari PLN Batubara kepada induk perusahaan.  

"Langkah yang sedang dilakukan PLN adalah melakukan audit secara komprehensif, mengalihkan kontrak batu bara PLNBB menjadi tersentralisasi di PLN," ujar Darmawan dalam Rapat Dengar Pendapat bersama Komisi VII DPR, Rabu (26/1/2022).

Darmawan memastikan, pembubaran PLN Batubara juga dilakukan sesuai dengan dengan Undang-Undang (UU) Perseroan Terbatas, khususnya mengenai pembubaran perusahaan.

Terkait, pengelolaan batu bara yang saat ini masih terfragmentasi, Darmawan menuturkan, pihaknya akan mengkonsolidasikan sehingga menjadi terpusat dan bisa dikelola secara baik dan maksimal.

Sebelumnya, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir, memastikan pembubaran PLN Batubara akan dilakukan tahun ini.

"Bisa akhir tahun ini ya (pembubaran PLN Batubara)," ujar Erick Thohir, dalam konferensi pers di gedung Kementerian BUMN beberapa waktu lalu.  

Dia menjelaskan, sudah mengarahkan kepada manajemen PLN sebagai induk perusahaan agar segera melakukan langkah efisiensi, salah satunya dengan melikuidasi PLN Batubara.

Berdasarkan arahan Menteri BUMN, perusahaan harus melakukan identifikasi rantai pasok batu bara yang saat ini terfragmentasi, komplek, panjang dan berbelit-belit, agar segera diefisiensikan.

Editor : Usep Sholehudin

Follow Berita iNews Cilegon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut