get app
inews
Aa Read Next : Briptu Renita Rismayanti, Polwan Pertama asal Indonesia Peraih Penghargaan Polisi Terbaik dari PBB

Perang Israel Palestina, PBB Sahkan Resolusi Jeda Kemanusiaan di Gaza, Ditolak Israel dan Amerika

Sabtu, 28 Oktober 2023 | 09:11 WIB
header img
Majelis Umum PBB mengesahkan resolusi jeda kemanusiaan di Gaza Palestina. Foto: Reuters

NEW YORK, iNewsCilegon.id - Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Jumat (27/10/2023) mengesahkan resolusi yang menyerukan jeda kemanusiaan segera antara Israel dan Hamas. Resolusi tersebut juga mendesak akses bantuan ke Jalur Gaza serta perlindungan terhadap warga sipil.

Resolusi yang dirancang oleh negara-negara Arab ini disetujui oleh 121 anggota Majelis Umum, abstain oleh 44 anggota, dan ditolak oleh 14 anggota. Irak awalnya memilih abstain, namun kemudian mengubah keputusan menjadi mendukung.

Israel dan Amerika Serikat merupakan dua negara yang menolak resolusi tersebut. Israel menilai resolusi tersebut tidak adil dan tidak seimbang, karena tidak mengutuk serangan Hamas. Amerika Serikat juga menilai resolusi tersebut tidak realistis, karena Israel tidak akan menghentikan serangannya sebelum Hamas menghentikan serangannya.

Dubes Palestina untuk PBB, Riyad Mansour, menyambut baik hasil pemungutan suara tersebut. Ia mengatakan bahwa resolusi tersebut merupakan langkah penting untuk menghentikan perang di Gaza dan melindungi warga sipil.

Sementara itu, Dubes Israel untuk PBB, Gilad Erdan, menolak resolusi tersebut. Ia menuduh PBB telah kehilangan legitimasi dan relevansinya. Ia juga menuduh negara-negara yang mendukung resolusi tersebut sebagai pendukung 'teroris Nazi'.

 

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Cilegon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut