get app
inews
Aa Read Next : Dukung Palestina, Apple hingga Disney Kompak Boikot Elon Musk

Saraya al Quds, Sayap Militer Terbesar setelah Hamas di Jalur Gaza

Minggu, 15 Oktober 2023 | 07:50 WIB
header img
Saraya al Quds, sayap militer Jihad Islam Palestina yang ikut gencar melawan Israel setelah Hamas. Foto: Ist

CILEGON, iNewsCilegon.id - Saraya al-Quds yang berarti "Jerusalem Brigades", adalah sayap militer dari organisasi Islam Palestina, Palestinian Islamic Jihad (PIJ).

PIJ adalah kelompok terbesar kedua di Jalur Gaza, setelah Hamas. Pemimpin Saraya al-Quds adalah Ziyad al-Nakhalah, yang berbasis di Damaskus, Suriah.

Saraya al-Quds didirikan pada tahun 1981 oleh Fathi Shaqaqi dan Abd Al Aziz Awda di Gaza, dan telah aktif di Tepi Barat dan Jalur Gaza, terutama di kota Jenin. Saraya al-Quds telah terlibat dalam sejumlah serangan terhadap Israel, termasuk serangan roket, penembakan, dan pengeboman.

Saraya al-Quds telah ditetapkan sebagai organisasi teroris oleh Amerika Serikat, Israel, Kanada, Uni Eropa, dan Jepang. Namun, Saraya al-Quds menikmati dukungan yang luas di kalangan warga Palestina, yang melihatnya sebagai kelompok perlawanan terhadap pendudukan Israel.

Pada tahun 2023, Saraya al-Quds masih aktif dalam konflik Israel-Palestina. Saraya al-Quds telah terlibat dalam sejumlah serangan terhadap Israel dalam beberapa bulan terakhir, termasuk serangan roket selama konflik Israel-Gaza pada bulan Mei 2021.

Saraya al-Quds adalah organisasi yang kontroversial, tetapi tidak dapat dipungkiri bahwa ia memainkan peran penting dalam konflik Israel-Palestina.

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Cilegon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut