get app
inews
Aa Read Next : Mark Zuckerberg Dilarikan Ke Rumas Sakit, Alami Cedera saat Berlatih MMA

Perang Israel Palestina, Hamas Bantah Terowongan Bawah Tanah di Rumah Sakit Al-Shifa

Sabtu, 28 Oktober 2023 | 06:00 WIB
header img
Terowongan di Jalur Gaza, Hamas membantah adanya terorongan bawah tanah di Rumah Sakit Al-Shifa. Foto: Ist

GAZA, iNewsCilegon.id - Kelompok bersenjata Palestina Hamas menolak klaim Israel bahwa mereka menggunakan rumah sakit untuk tujuan militer, ketika Israel meningkatkan pemboman terhadap Jalur Gaza yang terkepung.

Pejabat politik Hamas Ezzat El-Reshiq pada hari Jumat membantah tuduhan bahwa kelompok tersebut menggunakan rumah sakit al-Shifa sebagai perisai bagi infrastruktur militer bawah tanahnya, dan mengatakan bahwa klaim tersebut “tidak memiliki dasar kebenaran”.

Juru bicara Israel Daniel Hagari mengatakan sebelumnya bahwa Hamas telah “mengubah rumah sakit menjadi pusat komando dan kendali serta tempat persembunyian bagi teroris dan komandan Hamas”. Hagari juga menuduh Hamas menyimpan bahan bakar untuk operasi militer di dalam rumah sakit di Gaza.

Kompleks Medis al-Shifa adalah institusi kesehatan medis terbesar di Jalur Gaza. Terletak di Kota Gaza, rumah sakit ini mencakup tiga rumah sakit khusus; Rumah Sakit Bedah, Rumah Sakit Penyakit Dalam, dan Rumah Sakit Obstetri dan Ginekologi.

Ribuan warga sipil Palestina mencari perlindungan di rumah sakit tersebut sejak Israel melancarkan serangan dahsyat di Gaza pada 7 Oktober setelah Hamas menyerang Israel selatan.

El-Reshiq memperingatkan bahwa klaim tersebut merupakan upaya untuk “membuka jalan untuk menargetkan rumah sakit yang menampung ribuan orang terluka dan menampung lebih dari 40.000 pengungsi”.

Penolakan itu terjadi ketika Israel meningkatkan pemboman terhadap Gaza, memperluas serangan udara dan tembakan artileri dalam serangan sengit yang melumpuhkan layanan telepon dan internet di seluruh wilayah Palestina.

Hagari mengatakan pasukan darat Israel “memperluas operasi” di Gaza.

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Cilegon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut