get app
inews
Aa Read Next : Wali Kota Helldy Ajak Industri Terlibat Meriahkan HUT Kota Cilegon

Tuntaskan Masalah Stunting, 44 Pejabat di Cilegon jadi Orang Tua Asuh

Selasa, 31 Oktober 2023 | 16:00 WIB
header img
Peringatan Hari Keluarga Nasional ke-30 tingkat Kota Cilegon di halaman parkir Edhi Praja DP3AP2KB, Cilegon, Selasa (31/10/2023) (Foto: Diskominfo Kota Cilegon)

CILEGON, iNewsCilegon.id – Upaya pemkot Cilegon menjadikan Cilegon bebas stunting terus dilakukan. Salah satunya adalah dengan mengangkat 44 pejabat dan Aparatur Sipil Negara (ASN) menjadi orang tua asuh.

Hal itu terungkap saat Peringatan Hari Keluarga Nasional yang ke-30 tingkat Kota Cilegon yang digelar Dinas Pemberberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Serta Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencena (DP3AP2KB), di halaman parkir Edhi Praja,  Senin 31 Oktober 2023.

Dalam sambutannya, Wali Kota Cilegon Helldy Agustian mengajak seluruh pihak pada momentum Hari Keluarga Nasional untuk bersama-sama berupaya menciptakan ekosistem yang mendukung terciptanya keluarga bebas stunting.

"Memohon dan meminta kepada ASN terlebih khusus kepada para kepala dinas, lurah, camat yang maju untuk dapat menyisihkan karena kita masih ada 944 bayi stunting," kata Helldy, Selasa 31 Oktober 2023.

Nantinya, orang tua asuh akan membantu balita stunting setiap bulannya Rp3 juta selama tiga bulan.

"Dengan hadirnya orang tua asuh, saya yakin bisa mengurangi angka stunting di Kota Cilegon, dan saya berharap orang tua asuh terus bertambah, sehingga target 9 persen tahun ini tercapai," katanya

Saat ini, kata Helldy, di Provinsi Banten, Kota Cilegon masih terbaik dalam penurunan angka stunting, dari 2022 sampai saat ini,  angka stunting turun menjadi 19,1 persen.

"Meski demikian, kita masih terus berupaya agar tidak ada lagi stunting di Kota Cilegon ini. Makanya saya minta semua pihak berkontribusi," katanya.

Sementara itu, Plt Kepala DP3AP2KB Kota Cilegon Agus Zulkarnain mengatakan, kegiatan ini menjadi langkah penting untuk menyinergikan peran semua pihak dalam rangka pencegahan stunting.

"Saat ini sengaja kami meminta kepada Pak Wali untuk bisa memohon kesediaan dari para kepala OPD untuk bisa menjadi orang tua asuh balita stunting," kata Agus.

Agus menjelaskan, berdasarkan survei Studi Status Gizi Indonesia (SSGI), angka prevalensi stunting di Kota Cilegon pada 2022 berada pada angka 19,1 persen. Sedangkan berdasarkan Elektronik-Pencacatan dan Pelaporan Gizi Berbasis Masyarakat (E-PPGBM) hanya 944 anak.

"Kita tunggu akhir tahun ini SSGI-nya mudah-mudahan angkanya turun," harapnya.

Ditambahkannya, Pemkot Cilegon melalui program DP3AP2KB telah berupaya sepenuhnya untuk membantu penurunan angka stunting di Kota Cilegon.

"Kami juga melakukan audit kasus stunting, diseminasi audit kasus stunting, kami memberikan pola pengasuhan yang terbaik kepada balita stunting," tambahnya.

Editor : Mohamad Hidayat

Follow Berita iNews Cilegon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut