get app
inews
Aa Read Next : Eagles Terbang Tinggi, Catatan Sejarah dan Asa Menuju Super Bowl

Mantan Juara Sumo Asashio Suehiro Nagaoka Meninggal Dunia di usia 67 tahun

Sabtu, 04 November 2023 | 16:08 WIB
header img
Asashio Suehiro Nagaoka pesumo jepang. sumber : Istimewa

CILEGON,iNewsCilegon.id - Dunia Sumo Jepang sedang berduka dengan kepergian seorang legendanya, Mantan Ozeki Asashio Suehiro Nagaoka, yang lebih akrab dengan sebutan "Daichan" oleh para penggemar sumo, dikabarkan meninggal pada hari ini, 04 November 2023 di usia 67 tahun.

Kehilangan ini adalah pukulan besar bagi dunia sumo dan pecinta olahraga sumo di seluruh Jepang. Daichan meninggal dunia setelah berjuang melawan kanker, sebuah penyakit yang telah merenggut kekuatannya yang dulu tangguh.

Karier sumo Daichan dimulai pada musim semi tahun 1978 ketika ia melakukan debut dohyo pertamanya dari kandang Takasago di Makushita.

Dalam perjalanannya yang cemerlang, dia melewati perlombaan makushita dan juryo masing-masing dua kali, dan akhirnya dipromosikan menjadi ozeki setelah turnamen musim semi pada tahun 1983.

Momen puncak karier Daichan datang pada tahun 1985 ketika ia meraih kemenangan pertamanya di Turnamen Musim Semi.

Selama karirnya, ia menjabat sebagai ozeki di 36 turnamen, menunjukkan kekuatan sejati dalam pertandingan melawan para Yokozuna, terutama melawan Yokozuna Kitano, dengan 13 kemenangan dan 7 kekalahan.

Meskipun ia pensiun sebagai ozeki pada Turnamen Musim Semi 1989 yang ditutup di tengah jalan, ia tidak pernah menurunkan pangkatnya.

Sebuah keputusan yang mengejutkan bagi banyak orang, tetapi ia meninggalkan dunia sumo tanpa penyesalan.

"Saya tidak pernah berpikir saya akan keluar dari Ozeki dan menjadi pegulat sumo. Saya ingin berhenti ketika saya masih di liga," ungkapnya, mengungkapkan keyakinannya.

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Cilegon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut