get app
inews
Aa Read Next : Muay Thai dan Kickboxing: Lebih dari Sekadar Perbedaan Kata

Angampora: Seni Bela Diri Kuno Sri Lanka yang Terlupakan

Senin, 06 November 2023 | 00:00 WIB
header img
Angampora sebuah beladiri dari negeri Air Mata India. Sumber : Istimewa

CILEGON,iNewsCilegon.id - Angampora adalah seni bela diri kuno Sri Lanka yang telah ada sejak zaman dahulu. Seni bela diri ini menggabungkan unsur-unsur fisik, mental, dan spiritual untuk membantu praktisi mengembangkan kekuatan dan keterampilan.

Dalam bahasa Sinhala, "Angampora" berasal dari kata "anga," yang berarti tubuh, dan "pora," yang berarti menyerang atau bertarung. Dengan akar sejarah yang kaya, seni bela diri ini memiliki peran penting dalam sejarah pertahanan Sri Lanka.

Pada masa kejayaan dan kemakmuran raja-raja Sri Lanka, Angampora terfokus pada tiga segmen utama: angampora (pertarungan tangan kosong), elangampora (senjata), dan mayaangam (penggunaan mantra untuk mengusir musuh).

Para pengikut Angampora memiliki kedisiplinan yang kuat dan mendalam, yang mencakup pukulan pertarungan, meditasi, pengobatan Ayurveda, dan ikatan hormat dengan guru mereka.

Selama berabad-abad, seni bela diri ini menjadi bagian penting dalam pertahanan strategis negara tersebut, bahkan saat menghadapi serangan asing seperti yang dilakukan oleh Portugis pada abad ke-16.

Namun, selama pemerintahan Inggris di Ceylon pada abad ke-19, Angampora dilarang, dan para guru Angampora diserang dan dilumpuhkan oleh pasukan Inggris. Larangan ini membuat seni bela diri ini menjadi misterius selama hampir dua abad, tetapi masyarakat Sri Lanka yang tangguh terus menjaganya dengan rahasia di desa-desa terpencil.

Setelah Sri Lanka merdeka pada tahun 1948, Angampora mulai bangkit kembali, dan seni bela diri ini semakin mendapatkan pengakuan dan minat, baik dari anggota Angkatan Bersenjata Sri Lanka maupun turis asing yang terpesona oleh pertunjukan Angampora dalam acara budaya.

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Cilegon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut