get app
inews
Aa Read Next : Rentenir Berkedok Koperasi dengan Bunga 30-40 Persen, Ini Tindakan Tegas Pemkot Cilegon

BNPT Ingatkan Mahasiswa UNNES Bahaya Paham Radikalisme

Rabu, 08 November 2023 | 21:00 WIB
header img
Kepala BNPT RI Komjen Pol Rycko Amelza Dahniel saat memberikan kuliah umum pada mahasiswa UNNES di Semarang, Rabu (8/11/2023). Foto: doc BNPT RI

SEMARANG, iNewsCilegon.id - Badan Nasional Penanggulangan Terorisme Republik Indonesia (BNPT RI) mengingatkan mahasiswa Universitas Nasional Semarang (UNNES) akan bahaya paham radikalisme.

Hal tersebut disampaikan Kepala BNPT RI Komjen Pol Rycko Amelza Dahniel saat memberikan kuliah umum pada mahasiswa UNNES di Semarang, Rabu (8/11/2023).

"Apabila tidak miliki ketahanan, pengetahuan, aware/sadar akan bahaya radikalisme dan terorisme, ideologi kekerasan ini akan dapat memecah belah Indonesia yang dibangun dari perbedaan," kata Kepala BNPT.

Rycko menyarankan para mahasiswa untuk mempelajari sejarah kebangsaan dimana Indonesia dibentuk dari berbagai perbedaan baik ras, suku dan agama yang bersatu dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Di sisi yang berbeda, ideologi terorisme justru bertumpu pada paham kekerasan yang tidak mengenal adanya perbedaan dan selalu merasa diri/kelompoknya paling benar.

"Perkuat rasa kebangsaan dengan pengetahuan, rajin membaca pelajaran kebangsaan sejarah terbentuknya Indonesia. Kuncinya ilmu pengetahuan, tolak intoleransi, radikalisme dan terorisme dengan semangat dan belajar yang tekun," ujarnya.

Jenderal polisi bintang tiga ini pun menyampaikan mahasiswa yang masuk kategori usia remaja, merupakan salah satu dari tiga kelompok paling rentan terpapar paham radikalisme dan terorisme.

"Penelitan I-Khub Outlook BNPT 2023, menunjukkan kelompok rentan yaitu remaja, perempuan dan anak," katanya.

Sementara itu, Rektor UNNES Prof. Dr. S Martono, M.Si., mengatakan pihaknya termasuk di dalamnya seluruh mahasiswa UNNES berkomitmen menolak intoleransi, radikalisme dan terorisme.

"Katakan tidak untuk intoleransi, radikalisme dan terorisme. Mari kita semua bersatu dalam perbedaan. Tanamkan di hati, karena saudara (para mahasiswa) adalah bagian dari masa depan Indonesia,” tandas Martono.

Editor : Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut