Logo Network
Network

Narasi Lebih Ampuh dari Peluru untuk Bangun Ketahanan Nasional

M Mahfud
.
Selasa, 06 Desember 2022 | 21:48 WIB
Narasi Lebih Ampuh dari Peluru untuk Bangun Ketahanan Nasional
Kepala BNPT Komjen Pol Dr Boy Rafli Amar MH menyatakan narasi positif dan kuat dapat melemahkan propaganda yang dilakukan kelompok anti Pancasila tanpa tanpa perlu menjatuhkan satu butir peluru. Foto: doc BNPT

JAKARTA, iNewsCilegon.id – Narasi menjadi senjata ampuh untuk membangun ketahanan nasional dari ancaman paham radikal terorisme. Dengan narasi yang dikembangkan akan terbentuk mindset masyarakat untuk memahami betapa pentingnya membangun ketahanan nasional demi kehidupan yang damai dan sejahtera

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme Republik Indonesia (BNPT RI) Komjen Pol Dr Boy Rafli Amar, MH menyatakan hal tersebut saat dalam Rapat Pimpinan BNPT RI di Jakarta, Selasa (06/12/2022).

”Senjata yang dibutuhkan adalah narasi-narasi yang mampu merubah mindset dan disebar melalui media sosial,” kata Boy Rafli Amar.

Dalam pemahaman agama misalnya, perlu pemahaman yang moderat. Dengan demikian masyarakat tidak terpengaruh dengan propaganda kelompok tertentu yang mengatasnamakan agama untuk memecah belah bangsa.

Narasi yang dibuat harus fokus untuk mengajak masyarakat tidak anti terhadap kemanusiaan, tidak menggunakan kekerasan ekstremisme, membajak agama, dan tidak bersikap intoleran.

"Tujuan kita adalah memastikan kehidupan yang steril dari radikalisasi intoleransi," tambahnya.

Kepala BNPT menegaskan narasi  positif dan kuat yang tersebar melalui media sosial dapat melemahkan propaganda yang dilakukan kelompok anti Pancasila.

”Bisa dilakukan tanpa perlu menjatuhkan satu butir peluru,” tandas Boy.

Follow Berita iNews Cilegon di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.