Logo Network
Network

Ini Tips Aman Berkendara dari Dirlantas Polda Banten Kombes Budi Mulyanto

M Mahfud
.
Jum'at, 28 Januari 2022 | 14:48 WIB
Ini Tips Aman Berkendara dari Dirlantas Polda Banten Kombes Budi Mulyanto
Foto: Dirlantas Polda Banten Kombes Pol Budi Mulyanto dan GM Manager PT Indonesia Power M Imaduddin saat acara Sosialisasi Safety Driving untuk mewujudkan Zero Accident di Cilegon, Jumat (28/1) - Foto: Ist

CILEGON, iNews.idDirlantas Polda Banten Kombes Pol Budi Mulyanto membagikan tips aman berkendara atau safety driving guna menekan angka kecelakaan lalu lintas. Ia menjadi narasumber kegiatan sosialisasi safety driving  untuk mewujudkan zero accident di PT Indonesia Power PLTU Cilegon OMU.

Sosialisasi berlangsung  hari ini, Jumat (28/1/2022). Dari PT Indonesia Power PLTGU Cilegon OMU, hadir General Manager M Imaduddin, Manager Enginering Guntur Syachrir, Manager ADM Santoso Wibowo dan karyawan serta tentu saja para driver PT Indonesia Power PLTGU Cilegon OMU.

Safety driving merupakan berkendara dengan ketrampilan dan pengalaman, berdasarkan standar keselamatan. “Tujuannya untuk menciptakan keamanan dalam berkendara dan menekan tingkat kecelakaan lalu lintas," kata Dirlantas Polda Banten.

Menurutt Budi ada tiga faktor utama penyebab kecelakaan lalu lintas yaitu faktor manusia, faktor lingkungan, dan faktor kendaraan.
 
Faktor manusia meliputi konsentrasi, pengenalan situasi, ketrampilan, etika dan mentalitas berkendara.

Faktor lingkungan yaitu kondisi jalan dan rambu lalu lintas.

Sedangkan faktor kendaraan adalah perawatan yang kurang dan modifikasi tidak tepat.

Dari ketiga faktor ini, faktor manusia paling memegang perananan.  "Sebagai catatan lebih dari 90 persen kecelakaan lalu lintas dikarenakan oleh faktor manusia," Budi menggarisbawahi.

Untuk itu faktor manusia menjadi titik utama yang memegang perananan aman berkendara. Budi menekankan teknik dasar mengemudi, kunci mengemudi aman, keseimbangan kendaran, posisi duduk, dan etika berkendara.

Dirlantasa Polda Banten berharap karyawan PT Indonesia Power PLTGU Cilegon OMU dapat merefresh kembali kemampuan pada diri sendiri terkait mengemudi yang benar.

"Karena mengemudi itu adalah bersosialisasi dan berinteraksi orang dengan orang, bahkan dengan lingkungan tertentu, pada jam-jam tertentu ketika  aktifitas terjadi," tutup Budi.

Sementara itu General Manager  PT Indonesia Power PLTGU Cilegon OMU M Imaduddin mengatakan pentingnya penerapan cara aman berkendara. Ia berterima kasih atas sosialiasi cara aman berkendara dari Dirlantas Polda Banten.

Ia menegaskan penerapan cara aman berkendara merupakan bagian dari upaya mewujudkan zero accident.

“Jadi nol kecelakaan kerja, selamat berangkat ke kantor selamat pulang ke rumah, tidak ada kecelakaan kerja, tidak ada kecelakaan kerja di jalan raya karena berkendara, itu tujuan kita," tutur M Imaduddin.

Editor : Usep Sholehudin

Follow Berita iNews Cilegon di Google News

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.