get app
inews
Aa Read Next : Para Kades Sumringah Dapat Perlindungan Jaminan Sosial hingga Tunjangan Dana Pensiun

Bagikan Ribuan Sertipikat Tanah Elektronik, Presiden Joko Widodo Ingatkan Soal Angsuran Bank

Rabu, 06 Desember 2023 | 16:45 WIB
header img
Presiden Joko Widodo bagikan 2.550.800 sertipikat tanah elektronik (Foto: sekretariat.kabinet)

JAKARTA, iNewsCilegon.id - Sebanyak 2.550.800 sertipikat tanah elektronik dibagikan Presiden Joko Widodo secara serentak daring dan luring se-Indonesia, pada Senin (4/12/2023), di Istana Negara.

Presiden Republik Indonesia (RI), Joko Widodo didampingi Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Hadi Tjahjanto.

Sertipikat diserahkan kepada 10 perwakilan penerima yang terdiri dari tujuh perwakilan masyarakat dan tiga penerima sertipikat aset instansi pemerintah. 

Ketiga penerima sertipikat aset pemerintah, yang hadir di antaranya Jaksa Agung, ST Burhanuddin; Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono; dan Pj. Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono.

Berbeda dari penyerahan sertipikat sebelumnya, kali ini sertipikat yang diserahkan kepada 10 perwakilan penerima merupakan Sertipikat Tanah Elektronik yang baru diluncurkan presiden dalam kesempatan yang sama.

Dalam sambutannya, Joko Widodo mengapresiasi kecepatan kinerja jajaran Kementerian ATR/BPN dalam mendaftarkan bidang tanah di Indonesia, sehingga hari ini dipastikan sudah 109 juta bidang tanah terdaftar. 

"Yang saya lihat memang di Kantor-kantor BPN kerjanya sampai malam terus, harusnya seperti itu memberikan layanan kepada masyarakat. Kecepatan ini yang terus akan kita dorong," kata Jokowi

Lebih lanjut presiden menerangkan, sertipikat yang diterima masyarakat bisa dipakai untuk menambah modal usaha melalui lembaga keuangan formal. Namun, ia mengingatkan agar modal usaha yang didapat masyarakat digunakan secara bijak.

"Tolong kalau ingin dipakai untuk agunan ke bank dihitung, dikalkulasi bisa nyicil tidak, bulanan pokoknya, untung usahanya berapa, jangan sampai sertipikat sudah kita serahkan, dipakai untuk agunan, dua tahun kemudian sertipikatnya hilang, hati-hati," ujarnya.

Dalam kesempatan ini, Joko Widodo juga mengimbau kepada seluruh kementerian/lembaga termasuk TNI, POLRI, BUMN, dan pemerintah daerah untuk menertibkan administrasi tata kelola, serta menjaga aset-aset yang dimiliki.

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Cilegon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut