get app
inews
Aa Read Next : Rentenir Berkedok Koperasi dengan Bunga 30-40 Persen, Ini Tindakan Tegas Pemkot Cilegon

MoU Diteken, Warga Kota Cilegon Bisa Kuliah Gratis di Akmet

Rabu, 13 Desember 2023 | 12:16 WIB
header img
Walikota Cilegon bersama Akmet sepakat tanda tangani MoU, warga Cilegon bisa kuliah gratis (Foto: Istimewa)

SUMEDANG, iNewsCilegon.id - Usai pendatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara Pemerintah kota (Pemkot) Cilegon dengan Akademi Metrologi dan Instrumentasi (Akmet), peluang lulusan SMA/SMK dari Kota Cilegon untuk berkuliah di Akmet kini terbuka lebar.

Penandatanganan MoU berlangsung di acara Sidang Terbuka Senat Akmet, dalam rangka Wisuda ke-5 Program Studi D3 Metrologi dan Instrumentasi. Rabu (13/12/2023)  bertempat di kampus Akmet, Sumedang, Jawa Barat. 

MoU ditandatangani Wali Kota Cilegon Helldi Agustian dan Plt. Sekjen Kementerian Perdagangan Suhanto, disaksikan Menteri Perdagangan Zulkifl Hasan.

Akmet sebagai perguruan tinggi di bawah naungan Kementerian Perdagangan, selama ini membuka kesempatan bagi putra-putri dari berbagai daerah di Indonesia untuk mengikuti pendidikan Program Studi D-III Metrologi dan Instrumentasi secara gratis.

Walikota Cilegon, Helldi Agustian mengatakan, sebagai kota industri Cilegon sangat membutuhkan SDM yang menguasai bidang metrologi dan instrumentasi. Peluang ini menurut Helldy, sebaiknya diisi oleh putra-putri asli Cilegon sendiri.

“Karena itulah kami menginisiasi kerjasama dengan pihak Akmet. Kerjasama ini akan lebih membuka peluang SDM Kota Cilegon berkuliah di Akmet. Setelah lulus, kami tentu berharap mereka kembali ke Cilegon untuk bersama-sama membangun Kota Cilegon,” kata Helldi.

Sebagai langkah awal, lanjut Helldy, dalam waktu dekat, Pemkot Cilegon akan membuka seleksi bagi calon mahasiswa Akmet. 

“Targetnya, seleksi bisa diikuti 100 peserta. Dari seleksi ini akan dipilih 10 terbaik untuk didaftarkan untuk berkuliah di Akmet. Seperti program inovasi kami lainnya, program ini pun sama, menghadirkan suatu hal positif yang tadinya tidak ada menjadi ada,” tegas Helldy.

Sementara itu, Kabid Metrologi Legal Disperindag Kota Cilegon Hadi Permana menambahkan, kebutuhan Kota Cilegon terhadap SDM yang menguasai ilmu metrologi dan instrumentasi saat ini cukup tinggi, terutama untuk profesi penera. 

"Tugasnya melakukan peneraan yang meliputi pengelolaan instalasi uji dan peralatan atau perlengkapan seusai standar tera alat-alat ukur, takar, timbang, dan perlengkapannya (UTTP). Tugas lainnya melakukan pengujian UTTP, dan pengelolaan Cap Tanda Tera," ujarnya.

Saat ini, masih kata Hadi, Kota Cilegon hanya memiliki 4 penera. Jadi peluang profesi ini sangat tinggi. Apalagi untuk kota industri seperti Cilegon.

"Setelah lulus dari Akmet, SDM Kota Cilegon yang mengikuti program kerjasama ini akan diusulkan menjadi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K) atau ASN di lingkungan Pemkot Cilegon," jelasnya.

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Cilegon di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut