get app
inews
Aa Read Next : Janda di Banten Bertambah 19 Ribu Orang Jelang 2024, Perceraian Meningkat

Ribuan Istri di Rangkasbitung Gugat Cerai, Pernikahan Dini Jadi Penyebab

Kamis, 14 Desember 2023 | 13:53 WIB
header img
Pernikahan dini jadi penyebab tingginya angka gugatan cerai di Rangkasbitung, Kab. Lebak, Banten (Foto Ilustrasi: Istimewa)

RANGKASBITUNG, LEBAK, iNewsCilegon.id - Sebanyak 1.244 kasus perceraian di Kabupaten Lebak gugat cerai. Hal itu sesuai data yang tercatat di Pengadilan Agama (PA) Rangkasbitung selama tahun 2023. Gugatan tersebut, didominasi oleh para istri yang berada di Kabupaten Lebak bagian selatan. 

Hal ini dibenarkan oleh Hakim Pengadilan Agama Rangkasbitung, Gushaeri. 

"Jumlah tersebut, rinciannya didominasi 1.028 para istri yang mengajukan. Sementara sisanya sebanyak 216 perkara cerai talak diajukan oleh suami," demikian dikatakan Hakim Pengadilan Agama Rangkasbitung, Gushaeri. Kamis (14/12/2023).

Gushaeri mengatakan, data tersebut tercatat dari bulan Januari hingga Oktober 2023 yang gugatannya paling banyak diajukan oleh pasangan usia muda.

“Sekitar 48,3% yang mengajukan perceraian masih berumur di bawah 30 tahun, 38,5 % berumur antara 30-40 tahun, dan 13,1 % mengajukan perceraian tersebut usia 40 tahun ke atas,” ungkapnya.

Untuk diketahui, kata Gushaeri, angka perceraian di Kabupaten Lebak didominasi oleh istri yang masih tergolong usia muda, dan usia perkawinannya kurang dari 10 tahun

“Akibatnya, banyak yang menikah di usia dini atau belum matang sehingga menyebabkan kasus perceraian di Kabupaten Lebak semakin meningkat,” kata Gushaeri.

Gushaeri menyebutkan, terus meningkatnya kasus perceraian bukan hanya disebabkan oleh faktor pernikahan dini. Namun juga faktor ekonomi.

“Mereka cerai kebanyakan karena cek-cok masalah ekonomi, khususnya Kabupaten Lebak bagian Selatan, untuk itu, kalau belum matang tolong jangan menikah dulu,” pungkasnya.

Editor : Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut